Zaskia Sungkar Akui Sempat Mengalami Sindrom Usus Malas, Apa Itu?

Zaskia Sungkar Akui Sempat Mengalami Sindrom Usus Malas, Apa Itu?

Suara. com – Beberapa masa lalu Zaskia Sungkar sempat mengeluhkan sakit di perutnya hingga dia harus diperiksakan ke rumah kecil.

“Kemarin aku sempat ke dokter gitu, padahal sebenarnya itu belum waktunya untuk periksa. Aku bilang, sakit banget ini sudah hari kelima Masha Allah, ” kata Zaskia dalam tayangan video di saluran YouTube The Sungkar Family.

Setelah diperiksa, tabib mengatakan bahwa pergerakan usus Zaskia lambat. Jadi, ia direkomendasikan buat selalu beraktivitas.

“Kata dokter nggak papa karena ususku bergerak lambat. Ususnya jadi males jadi aku harus banyak gerak, ” sambungnya.

Baca Juga: Waspada, Depresi Dibarengi Diare Bisa Jadi Tanda Radang Usus di Periode Depan

Menurut Hello Sehat, usus yang bergerak lambat adalah bukti dari sindrom usus malas. Penanggung sindrom ini memiliki usus yang bekerja secara lambat dalam memindahkan makanan.

Zaskia Sungkar mempertontonkan perut hamil. [Instagram]

Umumnya, setiap kali makan saraf di jalan pencernaan akan mengirim sinyal ke otot-otot saluran cerna untuk melangsungkan gerak peristaltik, gerakan otot dengan berkontraksi untuk mendorong makanan sepanjang saluran pencernaan, agar makanan mencatat.

Tetapi pada penderita sindrom ini, denyut peristaltik terblokir sehingga gerakan urat usus menjadi lemah dan perlahan-lahan.

Akibatnya, makanan tidak dapat dipecah secara lengkap. Timbunan makanan yang tidak tercerna ini akan mengeras dan menerbitkan sembelit.

Penyebab utama dari sindrom usus malas adalah kurangnya asupan makanan berserat dalam waktu lama.

Baca Juga: Hati-hati, Pola Makan Tinggi Gula Tingkatkan Risiko Radang Usus!

Pada kasus Zaskia Sungkar, dokter menganjurkannya untuk berenang dan sejumlah obat agar tidak merasa kesakitan lagi.