WHO Sepakat, Ini Cara Cari Cakap Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Berjemur!

WHO Sepakat, Ini Cara Cari Cakap Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Berjemur!

–>

Suara. com berantakan Belum lama ini, waktu paling tepat untuk berjemur sempat menjadi pro kontra dalam kalangan beberapa ahli.

Berjemur sendiri dimaksudkan agar tubuh mendapat asupan yang dapat mengaktifkan vitamin D dengan dipercaya berguna untuk sistem imun.

Ternyata durasi lama berjemur bagi orang dewasa ditentukan berdasarkan warna dan jenis kulit

Menurut seorang mampu gizi dr. Arti Indira, M. Gz, Sp. GK, FINEM, menetapkan waktu berjemur yang baik mampu ditentukan sendiri dengan melihat harga UV indeks.

Organisasi Kesehatan Dunia ataupun WHO sendiri telah merekomendasikan UV indeks yang aman untuk berjemur adalah antara 1 sampai 5.

“Kalau UV indeks sudah di atas 8 memang sebaiknya ekstra proteksi bukan tujuan berjemur untuk memperoleh vitamin D, ” kata Terjemahan dalam webinar bersama IDI daerah DKI Jakarta, Minggu (7/6/2020).

Arti mengutarakan, mengetahui kadar UV indeks mampu melalui situs BMKG atau melalaikan aplikasi khusus melihat UV indeks.

Makna mencontohkan UV indeks yang dia kutip dari situs BMKG dalam 6 Juni 2020. Pada pukul 09. 00 WIB di wilayah DKI Jakarta, UV indeks yang tertera berwarna kuning.

“Jadi kira-kira UV indeksnya 3 sampai 5. Ketika jam 11, UV indeksnya berubah oleh sebab itu warna oranye jadi sekitar enam sampai 7 ini sebaiknya benar tidak waktunya lagi berjemur, ” katanya.

Arti menjelaskan, berdasarkan anjiran WHO, UV indeks 0-2 ditandai secara warna hijau dan disebut bagian risiko bahaya rendah untuk berjemur.

Namun UV indeks 3-5 berubah warna menjadi kuning dan menjadi kategori risiko sedang namun masih diperbolehkan untuk berjemur. Kadar UV indeks 6-7 akan berwarna oranye & kategori memiliki risiko bahaya mulia untuk berjemur.

Selebihnya UV indeks 8-10 termasuk kategori risiko sangat bahaya dengan tanda warna merah. Dan UV indeks lebih dari 11 ditandai warna ungu dengan risiko bahaya sangat ekstrem.

Sementara itu terpaut lama waktunya berjemur ditentukan dari warna kulit. Semakin gelap jangat membutuhkan waktu berjemur lebih lama karena kenaikan vitamin D serupa semakin lambat.