WHO Rencanakan Protokol Pengujian Manusia buat Vaksin Covid-19

WHO Rencanakan Protokol Pengujian Manusia buat Vaksin Covid-19

–>

Suara. com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana mengeluarkan adat dalam rangka menginfeksi virus corona pada relawan. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses uji jika manusia pada pengembangan vaksin Covid-19.

Melansir dari South China Morning Post ( SCMP ), dengan banyaknya tekanan yang meningkat buat menghasilkan vaksin Covid-19, beberapa ilmuwan dan aktivis mengadvokasi penggunaan uji coba manusia. Uji coba ini melibatkan sukarelawan muda yang bugar sengaja diinfeksi virus untuk memeriksa kemanjuran kandidat vaksin.

Pendukung metode itu mengatakan uji coba akan memacu pengembangan vaksin. Tetapi beberapa sarjana khawatir tentang implikasi etis serta medis dari penggunaan metode itu.

Pakar bicara WHO Margaret Harris mengucapkan badan kesehatan PBB berencana buat mengeluarkan pedoman dalam beberapa minggu ke depan.

Logo Sistem Kesehatan Dunia, WHO. [AFP]

Peter Smith, seorang profesor di London School of Hygiene dan Tropical Medicine mengatakan para ilmuwan berniat untuk menyusutkan masa uji klinis fase tiga.

“Uji coba fase 3 umumnya memakan waktu beberapa tahun. Harapannya adalah untuk mengurangi masa ini, pembuatan vaksin Covid-19 menjelma sekitar enam bulan, tetapi tersebut akan tergantung pada ukuran uji coba dan tingkat penularan pada peserta, ” kata Smith.

Para sarjana telah menggunakan uji coba pribadi di masa lalu untuk vaksin dengan influenza, malaria, demam berdarah, kolera dan demam tifoid.

Nasihat resmi dengan dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2016 menyatakan bahwa jenis percobaan ini hanya dapat dipertimbangkan kala tidak ada terapi efektif asing yang tersedia untuk mengobati penyakit dan mencegah kematian.