90101-ilustrasi-kanker-payudara

Waspada jika Alami 5 Transisi Tubuh Berikut, Bisa Oleh karena itu Tanda Kanker

Suara. com – Selama pandemi, banyak orang dengan enggan mendatangi layanan kesehatan tubuh untuk melakukan skrining kanker. Padahal, kanker sendiri kerap kali baru terlihat pelik saat sudah memasuki periode lanjut.

Melansir dari Independent , tersedia beberapa tanda kecil yang menunjukkan awal perkembangan. Pada hal ini, berikut lima tanda awal kanker dengan perlu Anda waspadai, kurun lain:

1. Penurunan Berat Badan 

Penurunan berat pranata tanpa penyebab yang nyata mungkin perlu Anda waspadai.

Membaca Juga: Ingin Nikah, Calon Pengantin Tetap Vaksin HPV

“Penurunan berat badan tidak terpaut dengan jenis kanker terbatas, tetapi bisa menjadi petunjuk bahwa ada sesuatu dengan salah, ” kata Karis Betts, manajer informasi kesehatan tubuh di Cancer Research UK.

“Penurunan berat badan sering kali tidak dapat dijelaskan, jadi jika Anda makan dengan normal dan tak lebih aktif tetapi mengandung badan Anda turun, oleh karena itu Anda perlu untuk memeriksakan gejala ini, ” imbuhnya.

2. Darah di Tinja

Dalam kebanyakan kasus, pembawaan dalam tinja Anda prospek besar disebabkan oleh ambeien, borok, atau infeksi. Sayangnya kondisi ini juga mampu menjadi gejala kanker usus.

“Perhatikan perubahan kebiasaan ruang Anda, ” tambah Betts. “Ini bisa jadi seberapa sering Anda pergi ke toilet, jika kotoran Anda lebih lunak atau berlelah-lelah, dan apakah itu menyakitkan saat Anda pergi ke toilet. ”

Baca Juga: Waspada, Konsumsi Soda Bisa Berefek pada Kesehatan Perempuan

tahi lalat
andeng-andeng

3. Perubahan dalam Payudara 

Kanker payudara adalah kanker paling ijmal terjadi pada perempuan. “Sebagian besar perubahan payudara bukanlah kanker, namun penting buat memeriksakan perubahan payudara karena semakin cepat kanker payudara didiagnosis, semakin besar peluang keberhasilan pengobatan, ” perkataan Jane Murphy, perawat klinis spesialis di Breast Cancer Now.

“Tanda dan isyarat kanker payudara yang menyesatkan umum termasuk benjolan ataupun pembengkakan di payudara, depan bagian atas, atau ketiak. Dalam beberapa kasus, Kamu mungkin merasakan benjolan tetapi tidak melihatnya, ” imbuhnya.

Murphy mengatakan Anda pula harus memperhatikan perubahan dalam kulit, seperti kerutan atau lesung pipit, perubahan warna payudara atau perubahan di dalam puting.

4. Benjolan dan Perubahan Kulit

Benjolan atau pembengkakan yang sedang berlangsung di tubuh Anda harus ditanggapi dengan serius. Awasi juga kulit Anda, sebab tahi lalat baru atau mutasi penampilan tahi lalat menjelma tanda melanoma atau macam kanker kulit.

5. Batuk yang Tak Kunjung Hilang

Pilek, flu, dan virus corona dapat menyebabkan Anda batuk, namun jika Anda kesulitan menghilangkan batuk, maka kondisi ini bisa menjadi gejala potensial kanker paru-paru.

“Jika batuk Anda tidak dapat dijelaskan dan tidak kunjung segar, maka sangat penting buat memeriksakannya, ” ujar Betts.