Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Tiba dalam Indonesia, Kapan Bisa Digunakan?

Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Tiba dalam Indonesia, Kapan Bisa Digunakan?

Suara. com – Kedatangan vaksin 1, 2 juta Covid-19 Sinovac direspon banyak pihak dengan bertentangan. Sejumlah pihak antusias menyambut kedatangan vaksin yang tiba pada Minggu (6/12/2020) sebagai harapan baru untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Sementara yang lainnya, skeptis dengan keamanan dan efektivitas vaksin tersebut. Salah satunya yaitu tentang hasil uji klinis fase 3 yang dilakukan PT Bio Farma.

Bangsa kemudian juga mempertanyakan, kapan vaksin tersebut bisa digunakan?

Menjawab hal itu, Peneliti dari Pusat Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Masteria Yunovilsa Putra mengatakan vaksin sanggup digunakan jika sudah dinyatakan lulus uji klinis fase 3 serta mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) demikian seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Asal China Sudah Datang, Cap Halal Sedang Tunggu MUI

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac disimpan dalam Kantor Pusat Bio Farma pada Kota Bandung / [Foto: Sekretariat Presiden]

“Kalau prosedurnya, harus lolos uji klinis fase 3 dulu sebelum diberikan ijin penggunaannya, ” kata Masteria yang juga Koordinator Kegiatan Uji Klinis Kandidat Imunomodulator Herbal buat Penanganan Covid-19 di

Dia menuturkan lantaran hasil uji klinis fase 3, nantinya dilihat kemanjuran, efikasi serta keamanan vaksin apapun termasuk vaksin Covid-19.

Masteria mengatakan berdasarkan aturan, sebelum digunakan, vaksin wajib mendapatkan permisi dari BPOM terlebih dulu, termasuk jika nantinya berupa otoritas penerapan darurat (emergency use authorization).

Sebelum memberikan permisi, BPOM pasti sudah mempelajari buah samping dan kemanjuran vaksin tersebut.

Masteria menuturkan untuk rilis data kemanjuran vaksin, harus menunggu hasil pertimbangan BPOM.

Baca Selalu: Tiba di Indonesia, Begini Penanganan 1, 2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac

Tengah saat ini, masih berlangsung uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China pada Bandung, Jawa Barat. Jika tes klinis fase 3 itu siap, maka data hasil uji klinis akan dilaporkan ke BPOM.