Vagina Gemuk Bikin Susah Proses Persalinan, Benarkah?

Vagina Gemuk Bikin Susah Proses Persalinan, Benarkah?

Suara.com – Pernahkah Anda mendengar istilah vagina gemuk? Jika pernah mendengarnya, istilah itu sebenarnya kurang tepat.

Menurut para ahli, sangat sedikit lemak yang bisa disimpan di wilayah vagina Anda. Sebaliknya, vagina yang gemuk mengacu pada lemak yang disimpan di daerah gundukan kemaluan.

Di balik kondisi itu, ada sebuah anggapan bahwa vagina gemuk akan menambah risiko pada persalinan caesar. Tapi benarkah anggapan tersebut.

Di satu sisi, ya. Berat badan berlebih membuat jalan lahir terhalang sehingga menyempit. Karena itu, menjadi sulit bagi bayi untuk keluar melaluinya dan dokter tidak punya pilihan lain selain mengoperasi ibunya.

Ilustrasi ibu melahirkan. (Sumber: Shutterstock)

Menurut Dr Archana Chandak, seorang ginekolog dan dokter kandungan di klinik Apollo di Pune: “Karena obstruksi yang dibuat di jalan lahir pada saat melahirkan, koordinasi antara dorongan dan dinding / otot perut terhambat.”

Ini juga dikenal sebagai persalinan macet. Sang ibu mencoba untuk mendorong tetapi karena vaginanya yang gemuk, tenaga tersebut tidak diarahkan ke arah yang benar.

Setelah beberapa saat, bahkan ibunya menjadi lelah dan tidak ada pilihan selain menjalani operasi caesar.

“Karena itu, Anda tidak bisa hanya menyalahkan vagina yang gemuk untuk meningkatkan jumlah operasi caesar karena mungkin ada komplikasi lain selama persalinan karena dokter harus mengoperasi ibunya. Tapi tidak diragukan lagi itu adalah salah satu perhatian dan perempuan harus mengurusnya, ”pungkasnya.