Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Coba Olahraga Ini selama 40 Menit!

Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Coba Olahraga Ini selama 40 Menit!

–>

Suara. com – Tekanan darah tinggi adalah kausa dari sejumlah penyakit kronis, seperti sakit jantung dan stroke. Sebab, kondisi ini menyempitkan pembuluh pembawaan seiring berjalannya waktu.

Pembuluh darah yang ketat berakibat pada kurangnya pasokan darah ke jantung. Pada akhirnya, suasana itu bisa memicu serangan dalaman dan penyakit jantung.

Salah satu jalan untuk mengurangi tekanan darah mulia adalah olahraga. Menurut Mayo Clinic, dalaman yang lebih kuat bisa memompa banyak darah.

Jika jantung Anda mampu bekerja lebih sedikit untuk memompa darah, kekuatan pada arteri bakal berkurang dan menurunkan tekanan darah.

Di dalam hal ini, fisik yang bertambah aktif bisa membantu menurunkan lagu darah sistolik Anda, angka tertinggi dalam pembacaan tekanan darah secara rata-rata 4 hingga 9 milimeter air raksa (mmHg).

Sketsa tekanan darah tinggi [pixabay]

Penurunan tekanan darah sistolik ini sangat penting, karena memberikan gambaran terbaik tentang risiko terkena stroke ataupun serangan jantung. Terlebih lagi, olahraga menawarkan cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

“Menjaga keunggulan berat badan memaksa jantung berlaku lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, yang mampu meningkatkan tekanan darah, ” terang NHS dikutip dari Express.

Olahraga yang tepat buat menurunkan tekanan darah tinggi

American College of Cardiology (ACC) dan American Heart Association (AHA) menyarankan aktivitas fisik semangat sedang hingga kuat selama 40 menit, sebanyak 3 hingga 4 kali per minggu untuk menyandarkan tekanan darah.

Jika Anda kesulitan meluangkan waktu 40 menit untuk olahraga, Anda bisa membagikan menjadi 3 atau 4 segmen dalam sehari.

Di studi lain, orang dewasa piawai lanjut yang tidak aktif dan berpartisipasi dalam latihan aerobik mampu menurunkan tekanan darah mereka datang rata-rata 3, 9 persen sistolik dan 4, 5 persen diastolik.

Sebab, latihan aerobik bisa membuat jantung terpompa dan Anda bernapas bertambah cepat seperti ketika bersepeda ataupun berjalan cepat.

Ilustrasi olahraga, aerobik (shutterstock)

Diet

Tips lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah diet. Diet ini artinya Kamu perlu menghindari makanan yang mampu memicu tekanan darah tinggi. Salah satunya, Anda perlu mengurangi jumlah asupan garam harian.

“Usahakan makan kurang lantaran 6 gram (0, 2 oz) garam sehari, yaitu sekitar mulia sendok teh, ” jelas ahli.

Penggunaan makanan rendah lemak yang mengandung banyak serat, seperti nasi gandum, roti, pasta dan banyak pokok serta sayuran bisa membantu menyandarkan tekanan darah.

Minum terlalu banyak alkohol secara teratur juga bisa meningkatkan tekanan darah dari waktu ke waktu, sehingga penting untuk mengindahkan panduan yang direkomendasikan.