38715-ilustrasi-virus-corona

Tidak Semua Pasien Covid-19 Butuh Tes PCR dan CT Scan, Ini Alasannya!

Pandangan. com – Di tengah kasus virus corona Covid-19 yang masih meningkat dan layanan kesehatan tubuh yang kurang karena lonjakan kasus, semua orang kudu melindungi dirinya dari infeksi virus corona Covid-19.

Tapi, ingatlah bahwa setiap penderita virus corona Covid-19 memerlukan perawatan medis yang berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan infeksinya.

Dibawah ini dilansir dari Times of India, beberapa panduan tes dan pengobatan medis anak obat virus corona Covid-19 daripada India Council of Medical Research.

1. Tes RT-PCR

Baca Juga: Gejala Virus Corona MIrip Flu Perut, Demikian ini Cara Membedakannya!

Taat panduan India Council of Medical Research, orang yang pernah dinyatakan positif virus corona Covid-19 sekali tak perlu melakukan tes RT-PCR ulang. Bahkan mereka tak perlu tes ulang ketika dipulangkan setelah menjalani perawatan medis di rumah kecil.

India Council of Medical Research juga mengatakan kalau orang sehat yang melaksanakan perjalanan dosmetik juga tidak perlu melakukan tes RT-PCR. Pelaku perjalanan dosmetik cuma perlu mematuhi protokol kesehatan tubuh untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

2. CT Scan

Mereka juga berpendapat seseorang harus menjalani CT scan bila memang diperlukan. Sedangkan, pasien virus corona Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala tidak perlu melakukan pemeriksaan CT scan.

Jika seseorang tetap melangsungkan pemindaian CT scan yang tidak diperlukan, hal itu bisa menyebabkan lebih penuh kerusakan pada tubuh daripada efek positifnya.

Baca Juga: Meninggal karena Covid-19, Pasutri Ogah Bawa Kembali Jenazah Bayinya di RS

Pemindaian CT scan pada orang usia lebih muda bisa meningkatkan risiko kanker di Kemudian keadaan. Karena, satu kali CT scan sama dengan 300-400 sinar X.