77168-ilustrasi-virus-corona-covid-19

Terpopuler: Syarat Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh Hingga Varian Delta Menyebar 15 Detik

Bahana. com – Dokter spesialis paru serta pernapasan Jaka Pradipta mengutarakan bahwa hasil PCR negatif tidak selalu menjadi imbangan ukur kesembuhan pasien Covid-19. Ia menyarankan untuk melihat kondisi klinis dari penderita.

Sementara itu, varian delta disebut bisa menyebar menggunakan airborne dan cuma butuh waktu 15 detik. Dua kabar tadi merupakan berita terpopuler di kanal health Suara. com. Berikut berita terpopuler lainnya.

1. Tak Menetapkan Hasil PCR Negatif, Ini Syarat Pasien Covid-19 Mampu Dinyatakan Sembuh

Ilustrasi tes Covid-19. (alodokter.com)
Ilustrasi tes Covid-19. (alodokter. com)

Banyak pemilik perusahaan menerapkan kebijakan hasil negatif PCR pada karyawannya yang terinfeksi Covid-19 untuk kembali masuk ke kantor. Padahal negatif PCR atau polymerase chain reaction bukan tolok ukur pasien Covid-19 dinyatakan sembuh dan telah tidak lagi menularkan virus corona.

Baca Juga: Virus Corona Varian Delta Masuk Sulsel, 10 Masyarakat Terpapar Begini Kondisinya

Alih-alih berpatokan pada minus PCR Covid-19, dokter spesialis paru dan pernapasan Jaka Pradipta, menyarankan untuk memperoleh surat sembuh dari Covid-19.

Baca selengkapnya

2. Dokter Paru Tegaskan CT Value Bukan Tolok Ukur Kesembuhan Pasien Covid-19

Sampel tes PCR. [Suara.com/Alfian Winanto]
Sampel tes PCR. [Suara.com/Alfian Winanto]

Banyak orang dengan menjadikan CT value di dalam swab tes PCR Covid-19 sebagai tolok ukur berapa banyak virus corona dengan masuk ke dalam tubuh. Namun hal ini dibantah oleh dokter spesialis paru dan pernapasan Jaka Pradipta.

CT value atau poin cycle threshold adalah nilai yang muncul saat ulangan PCR, merupakan seberapa penuh virus yang ditemukan di dalam tes yang dianggap sebagai golden standar atau kaki emas dalam diagnosis Covid-19.

Membaca Juga: Virus Corona Varian Delta Bisa Menular Lewat Airborne Cuma Dalam 15 Detik

Baca selengkapnya

3. Virus Corona Varian Delta Bisa Menular Lewat Airborne Hanya Dalam 15 Denyut

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa varian baru dan berisiko lebih tinggi dari Covid-19 diperkirakan akan menyebar ke seluruh dunia.

Sehingga lebih sulit untuk mengekang pandemi. Pengumuman yang mengkhawatirkan itu muncul karena penemuan kalau beberapa negara sedang menghadapi gelombang infeksi baru dengan disebabkan oleh virus corona varian Delta, yang baru kali ditemukan di India.

Baca selengkapnya

4. Resmi! Itu Situs Cek Stok Obat Covid-19 Secara Real Time di Apotek Terdekat

Ilustrasi Obat. (istockphoto.com)
Ilustrasi Obat. (istockphoto. com)

Kementerian Kesehatan mengeluarkan situs cek stok obat Covid-19 yang bisa diakses secara real time kapanpun dan di manapun.

Kedudukan cek stok obat Covid-19 tersebut dibuat karena lonjakan kasus virusc corona yang menyebabkan kelangkaan obat pada rumah sakit hingga toko obat. Alhasil masyarakat kebingungan mencari obat yang dibutuhkan buat penanganan pasien Covid-19, padahal sudah diberikan resep sebab dokter.

Baca selengkapnya

5. Jangan Panik, Tersebut Panduan Isolasi Mandiri dalam Rumah yang Aman

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga sejumlah rumah rendah mengalami kepadatan, dan anak obat bergejala ringan diminta buat isolasi mandiri di rumah.

Namun, tidak perlu senewen jika terpapar virus covid dan kehabisan tempat pelihara inap di rumah melempem khusus penanganan Pandemi Covid-19.

Baca selengkapnya