92074-ilustrasi-tes-covid-19-lewat-air-liur

Teliti dan Murah, Begini Keunggulan Alat Tes Covid-19 Microchip Berbasis PCR

Suara. com – Pengkaji Universitas Simon Fraser, Kanada, telah memvalildasi alat ulangan Covid-19 yang dinilai bertambah cepat dan murah. Taat mereka alat tersebut sanggup digunakan secara luas & membantu pengujian secara lekas.

“Penelitian ini menawarkan alternatif yang lebih murah, lebih cepat, untuk alat tes paling andal dan sensitif yang digunakan di segenap dunia tanpa mengorbankan sensivitas dan reproduktifitas, ” sebutan pemimpin tim kit tes Covid-19, Peter Unrau, profesor biologi molekuler dan biokimia, dilansir Eureakalert .

Para peneliti mengatakan alat ulangan tersebut dapat diterapkan dalam lokasi terpencil, klinik dan bandara, karena kemudahan penerapan dan portabilitasnya.

Alat ulangan microchip berbasis polymerase chain reaction (PCR) ini dinilai dapat memberikan hasil yang akurat dalam 30 menit dan membutuhkan reagen 10 kali lebih sedikit daripada tes RT-PCR berbasis buyung.

Baca Juga: Memori Lonjakan Covid-19, Prof Wiku: Testing Harus Diperbanyak!

Kekurangan rantai pasokan reagen dan alat uji selama pandemi virus corona sudah memperlambat perluasan pengujian klinis yang cepat. Karenanya, metode ini dibuat menggunakan bertambah sedikit reagen yang dibatasi pasokan untuk mencapai hasil yang cepat dan sahih.

Ilustrasi ulangan Covid-19. (alodokter. com)

Unrau, beriringan dengan kandidat PhD Razvan Cojocaru dan mahasiswa Ahli Iqra Yaseen, pertama kala mengevaluasi sensitivitas alat ulangan di lab.

Kemudian cara tes tersebut dikirim ke tim klinis di Vila Sakit St. Paul pada Vancouver, British Columbia, Kanada untuk menentukan kemampuannya pada mendeteksi Covid-19 pada sampel pasien. Hasil tes kit microchip PCR Covid-19 setara dengan hasil pengujian vila sakit, menunjukkan keefektifannya.

Alat ini dilengkapi dengan primer dan probe Covid-19 sehingga mudah dimanfaatkan, mengurangi potensi kesalahan pemakai dan meningkatkan keandalan hasil pengujian.

Kit deteksi Covid-19 yang dikembangkan oleh Lumex Instruments Canada dan divalidasi oleh tim Unrau itu berdaya rendah (100 watt), ringkas, ringan, dan tersedia secara global.

Baca Juga: Bus Sekolah Diperbantukan Evakuasi 45 Pemudik Tentu Covid ke Wisma Atlet