Tanpa Minum Air, Ini 4 Jalan Mengatasi Cegukan saat Puasa

Tanpa Minum Air, Ini 4 Jalan Mengatasi Cegukan saat Puasa

–>

Suara. com – Cegukan memang bukan kondisi yang membahayakan, tapi bisa sangat menganggu. Salah kepala cara mengatasi cegukan adalah secara minum air. Tapi, bagaimana kalau cegukan terjadi saat kita sedang puasa?

Tenang, cegukan masih bisa dihilangkan, kok, tanpa minum air. Seolah-olah melansir laman Hello Sehat, Sabtu (25/4/2020), ada 4 cara menghilangkan cegukan saat berpuasa tanpa harus membatalkan puasa. Ini dia.

satu. Tahan napas

Ambil napas di dengan hidung, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Lalu embuskan napas pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Ulangi setiap dua puluh menit bila cegukannya belum buyar.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Siapkan kantong kertas kosong dengan cukup kuat. Tempelkan leher kampil kertas ke mulut dan hidung. Pastikan mulut dan hidung telah tertutupi oleh kantong kertas, lulus, bernapaslah di dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, saat menghirup karbon dioksida, otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan kembali melemas. Catatan, jangan pakai kantong plastik sebab justru akan menempel di sombong dan hidung ketika mengambil napas.

3. Duduk memeluk lutut

Duduklah dengan posisi kaki ditekuk, kemudian rangkul lutut sambil mencondongkan badan ke depan seperti mau meringkuk. Tahan posisi ini selama kira-kira perut menit. Posisi ini akan menyerahkan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijat area ulu sinting

Bila langkah-langkah mengatasi cegukan zaman puasa di atas belum jadi, coba memijat area ulu miring. Otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati, di atas perut. Beri tekanan lembut di dalam area tersebut dengan ujung anak selama 20 hingga 30 denyut.