57295-ilustrasi-vagina-shutterstock

Tak Banyak yang Tahu, Ini Ciri Vagina Sehat & Bebas Penyakit

Suara. com – Penuh perempuan seringkali abai kepada kesehatan vagina. Padahal, bagian intim tersebut punya buah terhadap kondisi tubuh.

Sayangnya, tidak banyak perempuan yang benar-benar tahu kondisi kemaluan sehat. Mungkin lebih barangkali untuk tahu jika ada yang tidak beres di vagina.

Lalu, bagaimana keterangan vagina sehat? Berikut ini jawabannya seperti dilansir daripada Healthshots.

1. Keputihan normal

Baca Juga: Oknum Ngaku Nakes Manfaatkan Vaksinasi Covid-19, Minta Foto Payudara dan Organ Intim Warga

ilustrasi vagina. (Shutterstock)

Keputihan umum terjadi dan bisa memprediksi banyak tentang kesehatan tubuh organ intim. Keputihan diproduksi oleh kelenjar di kemaluan dan leher rahim.

Sekalipun dapat berbeda dari hawa ke perempuan, keputihan wajar biasanya jernih atau seolah-olah susu. Ini memiliki bau samar yang tidak elegan atau busuk. Selain itu, keputihan yang normal tak berwarna biasa dan tak menimbulkan rasa gatal. Jika ini yang Anda alami, kinerja vagina Anda bagus!

2. Tidak gatal

Vagina yang bugar seharusnya tidak gatal. Gatal pada vagina sering terjadi karena infeksi, menopause, maujud yang mengiritasi, atau mampu juga akibat kelainan indra peraba tertentu atau penyakit menular seksual (PMS).

Gatal di vagina dapat menyebabkan sensasi terbakar dengan kemerahan serta pembengkakan di dalam & sekitar area vagina. Iklim ini bukan pertanda kemaluan sehat!

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kesalahan Menyelenggarakan Pakaian Dalam Ini Mampu Picu Iritasi

3. Aroma yang familiar