26763-ilustrasi-warna

Tahu Warna yang Berbeda dengan Orang Lain? Bisa Jadi Gejala Awam Warna

Suara. com – Buta warna merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak bisa melihat warna dengan jelas. Seseorang dengan keanehan buta warna akan sulit mengidentifikasi warna yang ia lihat. Biasanya, ia akan melihat warna dengan berbeda dengan orang pada umumnya.

Status ini terjadi saat sel-sel fotoreseptor (bagian yang memproses cahaya dengan masuk ke mata) hilang ataupun tidak berfungsi dengan baik. Kegiatan reseptor yang rusak, bisanya dikarenakan karena mutasi gen di dalam orang tersebut sejak lahir.

Setiap cahaya yang masuk memiliki gelombang yang sesuai dengan warna yang berbeda. Merah adalah panjang gelombang terpanjang, hijau sedang, dan biru adalah yang terpendek. Saat fungsi fotoreseptor rusak, ia pun tidak bisa tahu warna dengan jelas.

Selain karena kebobrokan fotoreseptor, buta warna juga dikarenakan karena keturunan. Buta warna diturunkan melalui kode genetik di tubuh. Seseorang yang memiliki sejarah keluarga buta warna, dapat berisiko mengalaminya juga.

Mengaji Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Arti Warna Dalam Segel Kemasan Roti

Orang dengan mengalami buta warna, biasanya menemui beberapa gejala, di antaranya:

  • Suram untuk melihat perbedaan warna-warna terbatas
  • Sering berbeda melihat warna dengan orang lain
  • Melihat kecerahan pada warna-warna tertentu
  • Berbagai pola yang berbeda dapat terlihat menjelma satu warna

Tanda dan gejala buta warna bisa berbeda-beda tergantung jenisnya. Jika buta warna karena keturunan, biasanya ia akan sulit mengenali gejalanya. Hal ini karena sejak muncul ia sudah melihat warna secara cara seperti itu, sehingga ia menganggapnya sebagai hal yang lazim.

Tetapi, untuk orang yang mengalami melanda warna karena adanya cedera atau mutasi pada mata, ia akan mlihat perbedaan cara pandangnya kepada warna. Hal ini dapat dirasakan karena sebelumnya ia melihat warna dari kondisi normal.

Buta warna berisiko bertambah tinggi pada orang yang:

  • Pria
  • Kulit putih
  • Memiliki anggota keluarga dengan juga buta warna
  • Minum obat yang mengubah penglihatan
  • Memiliki penyakit serampangan, termasuk degenerasi makula terkait usia, glaukoma, atau katarak
  • Menderita penyakit Alzheimer, diabetes, atau multiple sclerosis (MS)

Buta warna pada dasarnya, hanya kondisi yang membuat seseorang sulit mengenali warna. Namun, di dalam beberapa kondisi yang serius, melanda warna dapat mengganggu penglihatan seseorang. Untuk itu, orang dengan terkanjar-kanjar warna harus konsultasi dengan sinse mata agar mencegah muncul keburukan lainnya. ( Fajar Ramadhan )

Menangkap Juga: Warna Penghalang Kamar Bisa Tenangkan Pikiran, Mana yang Terbaik?