o_1auth73evubh72d1fldpsn8dba

Studi Terbaru: Kasus Stroke di Denmark Menurun pada Populasi Lansia

Suara. com – Sebuah penelitian baru menemukan bahwa semakin sedikit lansia berusia 70 tahun ke atas yg mengalami stroke. Dan angka kematian akibat stroke di semua usia juga dilaporkan mengalami penurunan.

Studi yg meneliti populasi di Denmark ini diterbitkan pada 10 Februari 2021 lalu di jurnal Neurology, United states Academy of Neurology.

Pada lansia, peneliti juga menemukan penurunan pada dua jenis stroke, yaitu iskemik dan hemoragik.

“Stroke adalah penyebab utama kematian di dunia, ” ungkap penulis studi Henrik Toft Sørensen, M. G., Ph. D., D. M. Sc. dari Aarhus University Hospital pada Aarhus, Denmark, seperti dilansir dri Medical Express.

Baca Juga: Berkat Inovasi Ini, Pemeriksaan Pasien Stroke pada RSPON Jadi Lebih Cepat

Penelitian baru tersebut juga tidak menemukan peningkatan stroke di kalangan usia muda, dan menemukan kasus stroke yang menurun pada usia tua.

Untuk studi ini, para peneliti menggunakan daftar perawatan kesehatan nasional di Denmark untuk mengidentifikasi semua jamaah di negara tersebut yang dirawat di rumah sakit dengan stroke pertama kali yang terjadi pada tahun 2005 dan tahun 2018. Peneliti mengidentifikasi 8. 680 orang dewasa muda usia 18 hingga 49 tahun yang mengalami heart stroke, dan 105. 240 orang berusia 50 tahun ke atas.

Para peneliti menghitung tingkat kejadian stroke tahunan tersebut untuk stroke iskemik lalu hemoragik berdasarkan populasi di Denmark. Juga menghitung tingkat kejadian berdasarkan tingkat usia.

“Penurunan yang kami temukan mungkin terkait dengan pengobatan faktor risiko stroke yang lebih baik, contohnya hipertensi dan fibrilasi atrium, dan penurunan tingkat merokok dalam populasi, ” ungkap Sørensen.

Untuk menentukan tingkat kematian, para peneliti menghitung berapa banyak orang yang meninggal sesudah stroke dan menemukan penurunan dalam orang yang berusia muda serta lansia. Untuk stroke iskemik, two, 3% orang yang berusia muda meninggal satu bulan setelah stroke pada awal penelitian, dibandingkan 0, 1% pada akhir penelitian.

Baca Juga: Migrain Maupun Stroke Bisa Terlihat Mirip dan Terkait, Simak Penjelasannya

Pada lansia sebanyak 8, 2% yang meninggal satu bulan sesudah stroke pada awal penelitian dibandingkan dengan 6, 0% pada akhir penelitian.