75724-ilustrasi-vaksin-covid-19

Sinse AS: Efek Samping Vaksin Covid-19 Bisa Dikira Gejala Kanker Tetek

Suara. com – Seolah-olah beberapa vaksin lainnya, vaksin Covid-19 dapat menyebabkan efek samping sesuai demam ringan, nyeri di wadah suntikan, kelelahan, dan sakit kepala.

Tetapi beberapa orang juga melaporkan buntut samping yang tidak biasa setelah mendapat vaksin Covid-19 seperti anafilaksis, yakni reaksi alergi yang berpotensi mengancam jiwa.

Sekarang, para dokter di Amerika Serikat (AS) melaporkan efek bibir mengejutkan dari vaksin Covid-19 yang mencerminkan gejala kanker payudara.

Dilansir lantaran The Health Site, ahli radiologi payudara di Rumah Sakit Universitas telah mendeteksi adenopati ketiak, juga dikenal sebagai pembengkakan kelenjar getah suci, pada pemeriksaan mammogram orang-orang dengan telah diberikan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Masyarakat Umum Akan Dapat SMS Undangan Jadwal Vaksinasi Covid-19

Ini adalah respons normal tubuh kepada vaksin, tetapi efek samping dengan mengejutkan ini dapat disalahartikan jadi kanker payudara, menurut Dr. Holly Marshall dari Universitas.

Kelenjar getah suci yang membengkak terlihat di bawah lengan di sisi yang sesuai saat vaksin disuntikkan, kata Marshall. Sementara kelenjar getah bening ditemukan pada pemeriksaan mammogram di mana pasien juga dapat merasakannya.

Ilustrasi vaksin Covid-19. [Pixabay/Pete Linforth]

Sebab pembengkakan kelenjar getah bening serupa terlihat pada pasien dengan kanker payudara, efek samping yang tak biasa dari vaksin Covid-19 ini dapat disalahartikan sebagai gejala kanker. Untuk menghindari hal ini, Marshall mengatakan mereka meminta semua orang yang akan menjalani mammogram dicek apakah sudah mendapat vaksin Covid-19.

Marshall menjelaskan bahwa efek samping ini memang adalah respons normal tubuh kepada vaksin, dan pembengkakan kelenjar getah bening merupakan indikasi bahwa tubuh membuat antibodi untuk melawan infeksi Covid-19.

Namun, tanda yang tidak pokok ini menyebabkan kekhawatiran di antara orang-orang karena Departemen Pencitraan Radiologi dan Kanker Payudara Marshall UH terus menerima telepon dari para-para wanita yang menanyakan tentang hal itu.

Baca Juga: Inggris Memulai Uji Efektivitas Campuran Vaksin Pfizer & Oxford

Kelenjar getah bening dengan membengkak kadang-kadang terjadi dengan vaksin lain juga, tetapi dokter Panti Sakit Universitas terkejut melihat penuh kasus seperti itu pada orang yang mendapat vaksin Covid-19.