o_1ag6i4e8d1c601eu9n7s13lg1gqqa

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Flu dengan Gejala Covid-19

Suara.com – Flu menjadi salah satu gejala paling umum dari infeksi Covid-19. Akan tetapi, tidak selalu orang yang sakit flu berarti positif Covid-19.

Seorang dokter penyakit paru-paru di Ohio Health Physician Group di Columbus, Amerika Serikat – Dr. LeRoy Essig mengatakan ada perbedaan antara flu gejala Covid-19 dengan flu biasa.

Ia menjelaskan bahwa flu saat pilek biasa ditularkan melalui tetesan ketika seseorang batuk atau bersin, tetapi juga mungkin tertular karena menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Kemudian tangan menyentuh telinga, hidung, atau mulut.

Gejalanya pilek umumnya sakit tenggorokan, batuk, pilek, beserta nyeri tubuh atau demam sesekali. Beberapa di antara gejala itu memang mirip dengan gejala Covid-19.

Baca Juga: Bukan Lagi Demam dan Batuk, Ini Gejala Baru Covid-19 yang Mesti Diwaspadai

Gejala pilek dan Covid-19 punya gejala mirip sekitar satu hingga dua minggu, sehingga sulit untuk membedakan keduanya. Tetapi ada beberapa gejala yang lebih sering terlihat pada pasien Covid-19.

Seperti kehilangan indera perasa juga penciuman, gejala itu lebih umum terjadi pada pasien Covid-19. Gejala usus seperti diare juga lebih merupakan tanda Covid-19 daripada pilek.

“Begitu pula dengan sesak napas yang bisa menjadi tanda memburuknya infeksi Covid-19,” kata Essig dikutip dari Fox News.

Ia menyarankan, jika pernah berada di sekitar seseorang dan mulai merasakan beberapa gejala sebaiknya segera menghubungi dokter atau lakukan tes Covid-19.

Baca Juga: Baca Tarot, Denny Darko Prediksi Semua Warga RI Tak Lolos COVID-19: Semua Akan Terinveksi