Selain untuk Kontrasepsi, Ini 5 Khasiat Lain Pil KB untuk Kesehatan tubuh

Selain untuk Kontrasepsi, Ini 5 Khasiat Lain Pil KB untuk Kesehatan tubuh

Pandangan. com – Pil KB memang umumnya digunakan untuk mengendalikan atau mencegah kehamilan. Namun ada beberapa manfaat lain dibanding pil KB yang bisa membenahi.

Melansir dari Hello Segar, berikut beberapa khasiat kesehatan pil KB untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melancarkan Menstruasi

Selain mencegah kehamilan, pil KB bisa bermanfaat dalam melancarkan menstruasi Kamu. Tak mengherankan bahwa dokter teradang akan memberikan pil KB di orang yang menstruasinya tak mampu.

Baca Juga: Tingkatkan Kesuburan Pria, Santap Kacang Pohon Setiap Hari!

Menstruasi yang tak lancar biasanya disebabkan karena masalah horon. Dengan meminum pil KB, Anda bisa menolong menormalkan ketidakseimbangan hormon tersebut.

2. Mencegah Kram Perut dan Migrain saat Menstruasi

kram perut dan migrain selama menstruasi biasanya dikarenakan oleh hormon yang sedang tak stabil.

“Namun, Anda bisa mencoba minum pil KB untuk membuat gejala haid tidak terlalu sakit dan tidak mengganggu aktivitas, ” catat Hello Sehat.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Baca Serupa: Ahli Tegaskan Vaksin Virus Corona Tak Pengaruhi Kesuburan, ini Alasannya!

Jerawat sering kali disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini, Hello Sehat menunjukkan bahwa minum pil KB mungkin juga bisa membantu mengatasi jerawat.

“Bisa dibilang jerawat adalah musuh keluarga perempuan, apalagi jika masuk era PMS, maka tak hanya mulia atau dua saja yang menyembul di wajah, ” catat Hello Sehat.

“Maka itu, Anda bisa menggunakan pil KB untuk mengatasi perkara jerawat. Pil KB telah disetujui Food and Drugs Association (FDA) untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif obat jerawat, ” imbuh Hello Sehat.

Untuk mengetahui lebih lanjut menghantam pil KB tersebut, konsultasikan bertambah lanjut kepada dokter Anda.

4. Meringankan Gejala Endometriosis

Endometriosis sendiri merupakan gangguan yang terjadi akibat penghalang rahim yang tumbuh dan menebal secara tidak normal. Gejala uang mungkin timbul adalaj kram perut, sakit di punggung belakang, & menstruasi dengan banyak darah.

Untungnya, pil KB disebut bisa meringankan gejala dari gangguan ini.

Pil KB lebih aman, ketimbang alat kontrasepsi lain. (Suara.com/Vessy Frizona)
Pil KB lebih aman, ketimbang corong kontrasepsi lain. (Suara. com/Vessy Frizona)

5. Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker

Pil KB bisa disebut bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker rahim dan ovarium. Hal ini diperkirakan karena tablet KB mengurangi masa ovulasi yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker ini.

Meskipun memiliki berbagai manfaat kesehatan, namin Anda perlu mengkonsultasikan penggunaan pil KB untuk efek non-kontrasepsi seperti di atas.