Selain Stroberi, Inilah 7 Buah Beri yang Paling Menyehatkan

Selain Stroberi, Inilah 7 Buah Beri yang Paling Menyehatkan

–>

Suara. com – Dri semua makanan yang sering mendapat predikat sebagai super food, buah berilah yang paling mendominasi. Tak hanya kaya nutrisi, keluarga buah beri juga mengandung antioksidan yg tinggi, yang dapat melawan penyakit terkait penuaan. Jika selama terkait kita hanya mengenal stroberi, mungkin inilah saatnya mengenal jenis buah beri lainnya yang tak kalah menyehatkan.

Dilansir dari laman Mother Nature Network, dalam sebuah penelitian belum lama, terungkap bahwa wanita yang makan lebih dari tiga porsi blueberry atau stroberi seminggu, memiliki risiko serangan jantung 34% lebih rendah daripada mereka yang makan lebih sedikit. Menurut para peneliti, penyebabnya adalah anthocyanin, antioksidan dalam buah beri yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Studi lain juga menemukan bahwa wanita yang banyak makan blueberry dan stroberi mengalami penurunan mental yang lebih lambat seiring bertambahnya usia dibandingkan wanita yg mengonsumsi lebih sedikit buah.

Tertarik mulai mengonsumsi buah beri? Yuk, kenalan dengan keluarga beri lainnya.

1. Stroberi

Buah Stroberi. [Shutterstock]

Kata siapa buah yang kaya vitamin C hanya jeruk? Satu cangkir atau setara dengan 230 gram stroberi mengandung 100 miligram vitamin C. Jumlah ini hampir setara dengan kandungan supplement C pada jeruk dalam takaran yang sama, lho. Stroberi juga mengandung serat, mangan, folat, potasium, dan antioksidan yang mampu menangkal berbagai penyakit terkait usia.

2. Blueberry

Blueberry. (Sumber: Shutterstock)

Blueberry adalah buah beri populer kedua setelah stroberi. Buah ini juga disebut-sebut sebagai makanan dengan tingkat antioksidan tertinggi di antara semua buah, sayuran, rempah-rempah, dan bumbu. Studi menunjukkan bahwa blueberry dapat memangkas penurunan daya ingat, mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular, dan dapat memberikan manfaat anti-penuaan lainnya.

Blueberry juga adalah sumber vitamin C dan E, mangan, dan sumber serat makanan yang sangat baik.

3. Blackberry

Blackberry. (Shutterstock)

Blackberry memiliki rasa yang lebih pahit dan tajam dibandingkan beberapa buah beri lainnya. Tapi, beri berwarna hitam terkait mengandung serat makanan yang tinggi, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan mangan. Selain itu, blackberry juga kaya akan antioksidan, dengan tingkat senyawa polifenol yang tinggi, seperti asam ellagic, tannin, ellagitannins, quercetin, asam galat, anthocyanin, dan cyanidins. Blackberry dianggap sebagai salah satu makanan dengan antioksidan terkuat.