54168-ilustrasi-anak-pakai-masker

Satgas COVID-19 Ungkap Cara Termudah dan Termurah Mengakhiri Pandemi

Suara. com – Pandemi COVID-19 yg sudah merajalela selama 1, 5 tahun terakhir dapat dihentikan dengan cepat serta mudah, namun perlu melibatkan masyarakat. Bagaimana caranya?

Berdasarkan ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, cara termudah, termurah, serta efektif untuk segera mengakhiri pandemi adalah dengan tekun melaksanakan protokol kesehatan

“Ingat, cara termudah, termurah, dan satu-satunya yg paling efektif untuk segera mengakhiri pandemi ini ialah dengan disiplin protokol kesehatan secara kolektif, tidak sebatas individu saja namun diharuskan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, ” ujar Wiku dalam keterangan resmi Satgas COVID-19.

Ia mengatakan, dengan telah dibukanya aktivitas sosial ekonomi secara bertahap lalu perlahan kembali menuju kehidupan normal baru, maka energy ini seharusnya dijadikan refleksi bersama-sama.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Pengusaha: Ingat Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

INFOGRAFIS: Alasan Wajib Pakai Masker Meski Sudah Vaksinasi

Ia menambahkan, keadaan saat terkait sudah jauh lebih baik dibandingkan keadaan di mana kasus melonjak tinggi, rumah sakit penuh, serta kabar duka karena kematian akibat COVID-19.

“Renungan ini seharusnya lebih dari cukup untuk membuat kita tidak lengah dan terus disiplin protokol kesehatan karena tentunya kita tidak mau kembali ke keadaan itu lagi, inch katanya.

Wiku mengingatkan, fase paling berat adalah ketika kasus COVID-19 mulai melandai. Pasalnya, pada fase itu seluruh lapisan masyarakat diuji kedisiplinan dan ketahanannya agar tidak kembali mengalami lonjakan kasus.

Ia mengatakan, dengan modal perkembangan kasus yang semakin membaik maka saat ini kita memiliki target besar bersama untuk selangkah lebih maju mempertahankan kondisi kasus COVID-19 yang sudah cukup terkendali, sehingga perlahan-lahan memasuki etapa respon pemerintah untuk mempertahankan.

Ia mengemukakan bahwa terdapat tiga fase dalam penanganan pandemi COVID-19 oleh pemerintah, yaitu merespon, memperbaiki, lalu mempertahankan.

Baca Juga: Pandemi COVID-19 Bikin Pasien TBC dan HIV Meninggal Lebih Banyak

“Pada prinsipnya, respon pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 dibagi tiga fase, yaitu merespon, memperbaiki, dan mempertahankan, inch ujarnya. [ANTARA]