Resep Didik Remaja, Psikolog Minta Ortu Ikuti Perkembangan Zaman

Resep Didik Remaja, Psikolog Minta Ortu Ikuti Perkembangan Zaman

–>

Suara. com berantakan Mengasuh dan mendidik anak merupakan salah satu karakter terberat orangtua. Apalagi anak muda yang sedang memasuki masa pubertas.

Mendatangi masa remaja, anak kerap bertambah banyak menghabiskan waktu dengan teman-temannya daripada dengan keluarga di rumah.

Psikolog Sri Juwita Kusumawardhani, M. Psi mengatakan, ada trik khusus untuk lebih mudah memahami dan mendidik bujang usia remaja.

Terpenting orangtua harus mendaftarkan perkembangan zaman. Menjadi relevan secara zaman, kata Juwita, merupakan salah satu syarat saklek untuk mampu memahami anak.

Itu juga yang membuatnya kerap memberikan masukan yang pas, terutama pada pasangan baru menikah.

“Biasanya pasangan yang baru mau nikah saya selalu bilang, ‘nanti kalian akan membangun budaya keluarga kalian sendiri. Mungkin ada nilai orangtua yang tetap kita ambil. Tapi banyak juga yang mungkin telah gak relevan. Sebagai orangtua pahami dulu zaman sekarang butuhnya apa, ” papar Juwita dalam siaran langsung Instagram, Rabu (12/8/2020).  

Dia mencontohkan, di zaman sekarang dengan serba cepat dengan digital, orangtua akan cukup kesulitan menghalangi bujang untuk memakai gawai.

Menurut Juwita, yang menetapkan dilakukan orangtua cukup memberi bujang aturan dalam penggunaannya.   Demikian juga dengan cara anak bercampur dengan teman-temannya.

Cara pengawasan atau periode bermain yang mungkin perlu disesuaikan dengan kondisi dan situasi era ini, jelas Juwita.     “Jangan jadinya ‘dulu zaman ibu, dulu zaman papa begini’, nah jangan tuh. Karena beda periode. Penting kita update tapi tanpa hilangkan nilai-nilai yang memang kita inginkan tetap ada di muncul anak, ” ujarnya.

Terakhir yang pula tak kalah penting, orangtua sepantasnya mengenal teman-teman bermain anak. Hal itu untuk mempermudah dalam jalan pengawasan.