71368-quickspit-tes-covid-19-pakai-air-liur

QuickSpit: Tes Covid-19 Pakai Atmosphere Liur Dinilai Akurat Deteksi Virus Corona

Suara. com — Angka infeksi Covid-19 di Indonesia yang kian meningkat membuat banyak pihak berupaya mengendalikannya. Deteksi dini virus ini diperlukan untuk meminimalkan risiko kematian. Salah satu caranya melalui QuickSpit. Apa itu QuickSpit?

Penasaran dengan QuickSpit? Simak penjelasan tentang cara pemakaian QuickSpit, ketentuan dan kelebihannya berikut ini.

Tes Deteksi Covid-19 dan Kelebihan QuickSpit

Sudah umum diketahui, tips deteksi Covid-19 dengan metode swab, yakni pengambilan spesimen dari mukosa saluran pernapasan baik dari hidung juga tenggorokan. Beberapa alat deteksi yang menggunakan metode swab adalah PCR dan Rapid Antigen.  

Baca Juga: Klinik Tes Covid-19 yang Menjamur di Jakarta Kerap Melanggar, Buang Alat Swab Sembarangan

Selain swab, ada juga GeNose C19 yang mendeteksi malware melalui embusan napas. GeNose C19 bekerja dengan mendeteksi pola senyawa VoC atau Volatile Organic Compound di dalam embusan napas manusia.

Selain dengan swab dan embusan napas, kini muncul alternatif deteksi Covid-19 terbaru menggunakan air liur. Metode tes Covid-19 pakai air liur itu disebut QuickSpit.

Sebuah perusahaan teknologi medis bernama Nalagenetics meluncurkan alat yang disebut dengan QuickSpit. Alat ini sudah mendapatkan izin dari Kementrian Kesehatan RI bahkan akurasinya mencapai 97%.  

Alat QuickSpit ini dinilai cukup aman untuk anak-anak serta lansia karena pengambilan spesimen dilakukan cukup dengan meludah. Namun, perlu diingat oru?e ini belum bisa menggantikan swab PCR.

Tutorial Penggunaan QuickSpit

Baca Juga: CDC Desak Para Ahli Buat Alat Tes yang Bisa Membedakan Covid-19 dan Flu

Seperti yang tercantum dalam Instagram @nalagenetics, QuickSpit telah diedarkan dan bisa dibeli dengan harga mulai Rp 500 ribu. Lalu teknik cara penggunaannya? Berikut penjelasannya.