Pertolongan Pertama Saat Sakit Pinggang, Jangan Sembarang Bergerak!

Pertolongan Pertama Saat Sakit Pinggang, Jangan Sembarang Bergerak!

–>

Suara. com – Sakit pinggang memang sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya sakit pinggang membuat seseorang tidak bisa bergerak bebas dan leluasa karena nyeri.

Lalu, kalau sudah begitu bagaimana pertolongan pertama rendah pinggang?

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Pondok Indah Puri Indah dr. Muki Partono, Sp. OT mengatakan apabila sakit pinggang yang dialami karena saraf kejepit dan bukan karena ginjal, maka solusinya carilah posisi yang membuat saraf makmur, atau posisi yang tidak mendatangkan rasa sakit, seperti tiduran.

“Istirahat tiduran, terlentang di alas keras menggeletak low back pain (sakit pinggang) akan berkurang, ” jelasnya di Webinar RS Pondok Indah Group, Kamis (16/7/2020).

Meski begitu, kata dr. Muki ada beberapa posisi terbaring yang tetap akan menyakitkan, oleh karena itu tetap carilah posisi yang memproduksi sakit itu hilang atau mereda.

“Ada jenis tidur lurus sakit, oleh sebab itu lakukan penekukan lutut, taruh galang di bawah lutut, keluhan hendak berkurang, ” imbuhnya.

Tapi jika gaya itu tetap sakit, cari lagi posisi lain.

Ilustrasi nyeri pinggang. (Shutterstock)

“Satu sisi sakit pinggang, kaki rebah miring ke sisi satunya. Nyeri ke kaki kanan, miring kiri, posisi tekuk, ” jelasnya.

Sambil menunggui sakit reda, bisa juga menggunakan obat analgetik, panadol seperti apapun obat pereda nyeri.

Tapi pastikan beristirahat di tempat tidur, dan jika memungkinkan memakai korset untuk membentengi posisi pinggang tetap stabil & tidak menekan saraf.

Sebagai catatan andaikata tidak kunjung menemukan posisi dengan membuat nyaman, dan nyeri selalu cenderung konsisten, atau ada era puncak tapi perlahan menghilang.

Maka patut dicurigai itu bukanlah nyeri pinggang biasa karena saraf kejepit, mengecualikan sakit pinggang karena fungsi ginjal yang terganggu.