51414-ilustrasi-bayi-sakit-pexels

Peristiwa Langka, Wanita di Afrika Barat Melahirkan 9 Bayi Kembar!

Suara. com kepala Seorang wanita di Republik Mali, Afrika Barat, melahirkan 9 budak kembar, bertambah dua bayi lebih banyak dari dengan dideteksi oleh dokter era pemeriksaan kandungan.

Berdasakan penjagaan uasonografi (USG) yang dikerjakan di Maroko dan Mali, wanita bernama Halima Cisse (25) ini sebelumnya diperkirakan akan melahirkan tujuh budak kembar. Para dokter sama sekali tidak melihat adanya penggandaan dua bayi kembar lainnya.

Semua persalinan kesembilan bayi tersebut dikerjakan melalui operasi caesar.

Kehamilan Cisse memang telah menarik perhatian masyarakat di Afrika Barat dan pemimpinnya. Ketika dokter mengatakan Cisse memerlukan perawatan spesialis pada Maret kemarin, pemimpin transisi negeri tersebut, Bah Ndaw, tepat memerintahkannya untuk dikirim ke Maroko.

Baca Juga: Tak Tahu Dirinya Berisi, Wanita Ini Melahirkan zaman Naik Pesawat ke Hawaii

Di sana dia melahirkan lima bayi hawa dan empat laki-laki, lapor Guardian .

Ilustrasi bayi (Unsplash/Liane)
Ilustrasi bayi (Unsplash/Liane)

Menurut penuturan dokter Mali yang menemani Cisse ke Maroko, kondisi sang pokok maupun semua bayinya dilaporkan sehat.

“Ibu dan bayinya sejauh ini baik-baik sekadar, ” kata Menteri Kesehatan tubuh Mali, Fanta Siby.

Meski begitu, ujung bicara Kementerian Kesehatan Maroko Rachid Koudhari mengatakan tempat tidak mengetahui kelahiran bayi kembar 9 tersebut berlaku di salah satu vila sakit di negaranya.

Walau dikabarkan baik-baik saja, para dokter tetap mengkhawatirkan kesehatan Cisse, serta kemungkinan bayinya untuk bertahan hidup.

Baca Selalu: Terpapar Covid-19 Setelah Melahirkan, Jaksa di Lampung Meninggal Dunia

Bayi kembar 9 atau nonuplet sangat jarang terjadi. Komplikasi medis pada kelahiran ganda semacam ini seringkali menyebabkan beberapa bayi tidak dapat bertahan hidup.