39483-infeksi-jamur-hitam-atau-mukormikosis-coreacuk

Penting! 5 Fakta Terkini Seputar Infeksi Jamur Hitam yg Menyerang India

Suara. possuindo – India tengah mengalami peningkatan wabah infeksi jamur hitam yang menyerang pasien Covid-19. Berkaitan itu dan apakah infeksi jamur hitam berbahaya? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Awalnya Tak Berbahaya, Ini Penyebab Jamur Hitam Bisa Mematikan Bagi Pasien Covid-19

Infeksi jamur hitam atau mukormikosis (Core. ac. uk)

Selain pandemi Covid-19, India juga kini tengah dihadapkan dengan wabah infeksi jamur hitam. Mirisnya, sebagian pasien Covid-19 di saludable juga turut terinfeksi jamur hitam.

Infeksi jamur hitam sebenarnya termasuk langka. Pemimpin Tim Mitigasi Covid-19 Ikatatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djurban menjelaskan dalam ilmu kedokteran, penyakit infeksi jamur hitam itu disebut sebagai mukormikosis.

Baca Juga: Gawat! Wabah Infeksi Jamur Hitam India Sudah Menyebar ke Bangladesh

Baca selengkapnya

2. Infeksi Jamur Kuning Lebih Bahaya, Apa Bedanya dengan Jamur Hitam dan Putih?

Ilustrasi rumah sakit, pasien infeksi jamur kuning [Shutterstock]

Infeksi jamur kuning yg menimpa seorang pasien sesudah sembuh dari virus corona Covid-19 di Uttar Pradesh, India telah menambah kekhawatiran, di samping kasus infeksi jamur hitam dan jamur putih.

Dikarenakan, infeksi jamur kuning terkait dinilai lebih berbahaya dibandingkan infeksi jamur hitam serta jamur hitam. Pasalnya, jamur kuning bisa menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh sehingga lebih sulit untuk diidentifikasi dan diobati penyakitnya.

Baca selengkapnya

Baca Juga: Belum Reda Jamur Hitam, Kini India Waspada Jamur Putih! Apa Tersebut?

3. Apakah Infeksi Jamur Hitam Contohnya di India Bisa Menular Antarmanusia?

Sejumlah pasien COVID-19 dirawat di dalam bangsal yang penuh sesak di sebuah rumah sakit di New Delhi, India, Sabtu (1/5/2021). India mencatat lebih dari 400. 000 kasus COVID-19 baru untuk pertama kalinya ketika gelombang kedua virus corona melanda negara tersebut. Upaya vaksinasi besar-besaran negara tersebut terhambat di beberapa daerah karena kekurangan pasokan vaksin. ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/pras.

Peningkatan pesat kasus mukormikosis, juga dikenal sebagai jamur hitam, telah menambah tantangan yang dihadapi oleh sistem perawatan kesehatan India saat menangani gelombang kedua infeksi Covid-19 yang masif.

Kini wujud kekhawatiran tersendiri terkait dengan mukormikosis atau jamur hitam itu akan menular. Dilansir dari Mint, mukormikosis adalah infeksi jamur yang mengakibatkan hidung menghitam atau berubah warna, penglihatan kabur atau ganda, nyeri dada, kesulitan bernapas dan batuk darah.

Baca selengkapnya

four. Infeksi Jamur Hitam lalu Jamur Putih Meresahkan, Kenali Gejala dan Faktor Risikonya

Ilustrasi pasien infeksi jamur. (Shutterstock)

Infeksi jamur hitam dan putih yang sedang merebak di India tengah menimbulkan kekhawatiran. Karena, beberapa kasus menimpa pasien trojan corona Covid-19.

Apalagi jamur putih dikabarkan lebih berbahaya daripada infeksi jamur hitam. Para dokter juga memperingatkan bhawa penundaan pengobatan bisa menyebabkan kematian, sehingga kondisi ini harus ditangani dengan serius.

Baca selengkapnya

5. Benarkah Infeksi Jamur Hitam Menular? Begini Kata Dokter

Ilustrasi pasien infeksi jamur. (Shutterstock)

Infeksi jamur hitam yg sedang melanda di Indian telah memicu kekhawatiran serta ketakukan. Di sisi lain, kurangnya informasi hanya akan menambah paranoia.

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran orang-orang adalah penularan infeksi jamur hitam. Karena itu, Anda perlu tahu bahwa jamur hitam tidak menular dan tidak bisa menyebar dari satu orang ke orang lainnya.

Baca selengkapnya