27338-ilustrasi-karbohidrat-olahan

Penggunaan Karbohidrat Olahan Bisa Tingkatkan Efek Kematian

Suara. com – Sumber karbohidrat olahan seperti roti putih, sereal, pasta dan kue-kue ternyata bisa meningkatkan risiko kematian, karena memicu penyakit kronis seperti jantung had diabetes.

Mengutip Insider, Kamis (4/2/2021), bukti ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan St. John’s, lembaga penelitian India, yang diterbitkan pada 3 Februari di jurnal BMJ. Penelitian ini melibatkan sebanyak 137. 130 orang dewasa di 21 negara.

Peneliti memobilisasi data gaya hidup, kebiasaan prasmanan, dan demografi para peserta. Kemudian data dianalisis dan dikaitkan secara risiko kesehatan selama 10 tarikh.

Hasilnya, peserta yang makan 7 datang 10 iris roti putih sehari, 33 persen berisiko mengalami pukulan jantung atau stroke.

Baca Juga: Sari Ganja Diklaim Dapat Kurangi Efek Kematian Covid-19

Selebihnya, terdapat 27 persen peserta kemungkinan meninggal semasa masa penelitian, akibat mengonsumsi kepala porsi lebih banyak sehari.

Uniknya, tak semua peserta yang mengonsumsi karbohidrat berisiko mengalami serangan jantung atau stroke. Peserta yang banyak mengonsumsi biji-bijian dan nasi putih diketahui tidak punya risiko yang lebih tinggi.

Kesimpulan penelitian ini adalah pentingnya kualitas sumber karbohidrat yang cantik agar tetap menjalani pola hidup sehat. Menurut peneliti, sumber karbohidrat olahan sebaiknya dihindari atau dikurangi.

Karbohirat saduran bisa menjadi tidak sehat akibat dari proses penyulingan bagian biji-bijian yang terkikis seperti serat, asam lemak, atau bahan dasar flora yang disebut fitokimia yang molek untuk kesehatan hilang karena proses produksi karbohidrat olahan.

Baca Juga: Menuntut: Diet Ketat Rendah Karbohidrat Turunkan Risiko Gejala Diabetes Tipe dua