Payudara Besar Sebelah, Benarkah Tanda Kanker Payudara?

Payudara Besar Sebelah, Benarkah Tanda Kanker Payudara?

–>

Suara. com – Kanker payudara adalah salah satu penyebab utama tingginya angka kematian pada perempuan. Kondisi ini terjadi karena banyak rani yang tidak menyadari adanya fakta dan ciri-ciri kanker payudara di dirinya sedari awal.

Padahal dengan mengenali gejala penyakit ini, Anda masih bisa mencegah kanker payudara semakin parah. Sehingga pengobatannya pun semakin efektif dan menghindari efek yang tidak diinginkan.

Kanker payudara sendiri merupakan aib yang menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Kebanyakan perempuan hanya terang bahwa kanker payudara ditandai secara benjolan di dekat ketiak. Real, ada banyak gejala lain yang menandai kemunculan kanker payudara.

Spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik, DR. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, mengatakan, bahwa memang penuh perempuan yang masih belum memahami tanda-tanda munculnya penyakit kanker susu. Ditambah, masyarakat masih tabu secara penyakit tersebut.

Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara.

“Membicarakan soal kanker payudara, masyarakat sedang banyak yang takut. Padahal keburukan ini tidak menular dan bukan momok yang sangat menakutkan, ” ujar dr Cosphiadi kepada personel media saat webinar Pfizer Caregiving Kanker Payudara, Rabu (30/09/2020).    

Untuk itu dia berharap pemerintah perlu berperan aktif untuk tetap memberikan edukasi terkait kanker susu. hal itu agar perempuan tak segan untuk melakukan pemeriksaan pra ke rumah sakit terdekat.

Berikut Perkataan. com rangkum terkait beberapa isyarat yang muncul pada penderita kanker payudara yang perlu Anda ketahui menurut Spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik, DR. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, antaralain:

satu. Payudara Benjol

Gejala ini adalah gejala awal dari kanker susu yang paling mudah diketahui. Jaringan payudara membentang luas hingga ke bawah lengan. Maka selain di area payudara, benjolan bisa pegari di sekitar dada atas atau ketiak.

2.   Perubahan jangat payudara