38586-ilustrasi-golongan-darah

Menuntut Boston Ungkap Alasan Kaum Darah A Lebih Semoga Tertular Covid-19

Suara. com – Suatu penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara golongan darah & tingkat keparahan infeksi Covid-19.

Ditemukan golongan A bertambah mudah terinfeksi virus SARS CoV 2 penyebab rendah Covid-19 dibanding golongan pembawaan lainnya.

Dalam penelitian ini, ilmuwan berfokus pada protein virus yang disebut receptor binding domain (RBD), yakni bagian virus yang menempel pada organ inang di tubuh manusia, atau sel sehat yang menjadi target virus buat menginfeksi tubuh.

Hasilnya ditemukan RBD virus lebih berpengaruh menarik sel pernapasan, pada orang dengan golongan pembawaan A. Penelitian ini sudah dipublikasi dalam jurnal Blood Advances pada 3 Maret 2021 lalu.

Baca Juga: SURAT PEMBACA: Vaksinasi Saja Belum Cukup, Berhenti Lagi Sekolah Tatap Depan

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

“Sangat menarik, dalam pengkajian ini menunjukkan RBD virus SARS CoV 2 lebih menyukai antigen golongan pembawaan A di sel fotosintesis manusia, ” ujar Peneliti Studi Dr. Sean Stowell dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, mengutip Webmd, Sabtu (6/3/2021).

Pasalnya menurut Dr. Stowell, lingkungan darah adalah sebuah takdir yang tidak bisa diubah, dan sudah menjadi warisan dari orangtua. Tapi setelah pengetahuan diketahui, mencari penyelesaian atau metode pencegahan maka lebih mudah.

“Jika kita dapat memahami bagaimana virus menginfeksi tubuh dengan kelompok darah tertentu, kita jadi saja bisa menemukan obat-obatan atau metode pencegahan gres, ” papar Dr. Stowell.

Namun sayangnya, temuan ini tidak bisa seutuhnya mengambarkan atau memperhitungkan bagaimana virus corona mempengaruhi pasien dengan golongan pembawaan tertentu, karena membutuhkan pengkajian lebih lanjut.

“Penelitian awak bukan satu-satunya metode apa yang bisa dipertanggungjawabkan dengan klinis atau praktik medisnya, ” pungkas Dr. Stowell.

Membaca Juga: 5. 680 Warga Batam Sembuh COVID-19