Mengetahui Pikosis Postpartum Dina Novelis, Berbeda dengan Baby Blues!

Suara. com : Dina Novelis, seorang ibu muda asal Surabaya yang mengalami postpartum major depression atau depresi pasca melahirkan tengah viral di mass media sosial.

Berawal dari curhatannya di TikTok, Dina Novelis bercerita pernah mengalami postpartum depression setelah melahirkan anak pertamanya secara caesar pada November 2018 lalu.

Ketika itu, Dina Novelis melalui hari yang cukup berat karena sempat tak sanggup memeluk bayinya yg baru dilahirkan. Bahkan ia juga sempat menolak suami dan anaknya karena amnesia sesaat.

Jauh sebelum melahirkan anaknya, Dina Novelis juga sempat didiagnosis menderita gangguan bipolar yg mengharuskannya minum obat terus-menerus. Tapi ia berhenti minum obat saat hamil.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Menyerupai Kanker Paru-Paru, Kenali Perbedaannya!

Menurut psikiater yang menangani Dina Novelis, dr Azimatul Karimah, SpKj, Dina telah mengalami masalah kejiwaan jauh sebelum menikah dan mengalami kehamilan.

Psikiater, dr Azimatul Karimah, SpKj (Instagram/@dinanovelis)
Psikiater, dr Azimatul Karimah, SpKj (Instagram/@dinanovelis)

Sehingga depresi yang dialaminya setelah persalinan bukan murni depresi postpartum. Dokter Azimatul Karimah mengatakan bipolar yang dimiliki Dina salah satu yang menjadi pemicu terjadinya depresi postpartum.

“Karena, dia sebelum mengalami kehamilan itu sudah ada zweipolig. Maka ini menjadi faktor risiko dia mengalami depresi postpartum, ” ujar dr Azimatul Karimah, SpKj ketika dihubungan Suara. com melalui WhatsApp, Minggu (29/11/2020).

Ia menjelaskan bahwa depresi postpartum, gangguan bipolar, dan depresi adalah spektrum gangguan suasana hati yang naik dan turun tergantung dalam situasinya. Misalnya, seseorang mengalami perubahan fisik, memiliki stresor psikososial / tekanan dari lingkungannya.

“Jadi, spektrum taazur suasana hati ini akan berubah nama. Seperti Dina, awalnya didiagnosa gangguan bipolar. Tapi, setelah dia persalinan gejala depresinya dominan, ” jelasnya.

Baca Juga: Banyak Pasien Disease Corona Bergejala Ringan Makin Parah, Ini 4 Penyebabnya!

Depresi postpartum yang dialami Dina ini tentu berbeda dengan child blues . Ia menjelaskan yakni depresi postpartum adalah kondisi kejiwaan pasca persalinan yang sedikit lebih berat dibandingkan postpartum blues.