50350-ilustrasi-gerd-dan-asam-lambung

Mengambil Gerd Saat Bangun Tidur? Begini Cara Mengatasinya

Perkataan. com – Gerd atau refluks asam lambung membuat rasa tidak nyaman dan impresi ingin muntah. Kondisi itu berlaku karena asam lambung mengalir kembali (atau refluks) ke esofagus, media yang menghubungkan tenggorokan ke perut.

Biasa orang mengalami gerd pada suangi hari, seringkali setelah makan suangi. Tetapi tak sedikit juga merasakan ketidaknyamanan akibat asam lambung saat pagi hari, terutama saat bentuk tidur.

Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Arizona, Amerika Serikat, pada 2009, menjumpai bahwa 48, 7 persen pengikut mengalami refluks asam dalam 20 menit pertama setelah bangun di pagi hari. Seluruh responden studi disebutkan memiliki riwayat gerd.

Gejala asam lambung yang paling umum merupakan mulas. Gejala lainnya seperti menikmati asam yang naik ke lagak atau tenggorokan, mual, nyeri dada, batuk kering, hingga makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditelan disertai dengan perasaan makanan menempel di kerongkongan.

Menangkap Juga: Sering Mulas di Pagi Hari, Bisa Oleh karena itu Ini Sebabnya

Gerd saat cepat hari bisa dihindari dengan cara sederhana. Dikutip dari Healthline, beserta yang bisa dilakukan untuk menghindari gerd saat bangun tidur.

  1. Tidur dengan tubuh Anda terangkat sejak pinggang ke atas dengan menaikkan ujung tempat tidur setinggi 15 hingga 23 sentimeter.
  2. Berhenti makan 3 jam pra tidur.
  3. Jauhi makanan yang biasanya menyebabkan refluks asam, seperti kopi, coklat, bawang putih, bawang merah, dan mint.

Gerd pagi hari kemungkinan akan semakin berisiko berlaku jika mengalami obesitas, kebiasaan merokok, meminum alkohol, menderita hernia hiatus, juga sedang konsumsi obat dengan melemahkan sfingter esofagus bagian kolong.