75963-ilustrasi-bawang-merah-envato-elements-by-katrinshine

MEMERIKSA FAKTA: Benarkah Makan 3 Bawang Merah dan Perasan Lemon Bisa Obati Virus Corona?

Suara. com porakporanda Pengobatan tradisional sering menjadi pilihan banyak diantara kita untuk berbagai jenis aib, termasuk virus corona Covid-19. Padahal, metode pengobatan itu mungkin belum teruji klinis atau mungkin membahayakan kesehatan tubuh.

Beberapa waktu morat-marit, seorang pengguna Facebook Pam Vredenburg membagikan metode pengobatan tradisional untuk mengatasi virus corona Covid-19 menggunakan bawang merah dan perasan pingai.

“Makanlah bawang merah 3 kali sehari, balurkan garam laut dalam dekat hidung. Tidur secara posisi tengkurap selama 2 jam. Teteskan air perasan lemon ke hidung buat melawan Covid-19, ” kata Pam Vredenburg.

Berdasarkan buatan penelusuran Organisasi Kesehatan Negeri (WHO) dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19 Nusantara, bahwa tidak ada tanda kalau meneteskan air perasan lemon ke hidung mampu mencegah maupun mengobati virus corona Covid-19.

Baca Juga: LIPI Teliti Sari Jamur untuk Lawan Virus Corona Pemicu COVID-19

Dr Chandra Veer Singh, Konsultan Ahli Otolaryngologi serta Ahli Bedah Onkologi Besar dan Leher, Rumah Melempem Wockhardt Mira Road, Mumbai dilansir dari Times Now News , mengatakan lemon adalah sumber vitamin C dan membangun meningkatkan kekebalan tubuh.

Hoax bawang abang bisa mengobati virus corona (Facebook/Pam Vredenburg)

Tapi, dua tetes air perasan lemon di hidung ini tidak berfungsi untuk mengatasi virus corona Covid-19. Tetesan air lemon ini juga akan merusak silia mukosa hidung dan menyebabkan sinusitis.

“Virus corona Covid-19 masuk ke tubuh melalui sel-sel reseptor ACE yang ada di saluran darah, paru-paru, tenggorokan dan mukosa hidung. Karena tersebut, meneteskan air perasan lemon ke hidung justru membuahkan banyak iritasi dan edema mukosa hidung, ” nyata Dr Chandra.

Akibatnya, bagian tubuh tersebut akan teriritasi dan meradang karena ada penyakit dengan disebut sinusitis di dalam hidung dan pembengkakan hidung meningkat.

Sakit kepala & bengkak pada mata dengan disebabkan air lemon selalu bisa menjadi salah kepala metode pengobatan yang berisiko dan tidak memberikan khasiat apapun untuk virus corona.

Baca Juga: Emak 60 Tahun di Batam Terpapar Virus Corona Varian Baru B117

Oleh sebab itu, klaim yang menyebutkan menteskan air perasan lemon ke hidung bisa menyembuhkan virus corona Covid-19 itu tidak benar. Tidak ada studi ekstensif untuk membuktikan atau menyangkal klaim ini.