99869-ilustrasi-salon-unsplashaw-creative

Memakai Masker dan Face Shield Turunkan Risiko Penularan Covid-19 di Salon

Suara. com – Hanya dengan mengobrol di salon rambut, seseorang bisa menyerakkan virus corona yang menyebabkan Covid-19. Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian dengan terbit pada jurnal Physics of Fluids.

Melansir dari Medicinenet , sebagian besar penelitian menunjukkan kalau virus corona dihembuskan dan disebarkan dalam ruangan, termasuk salon.

Buat studi ini, peneliti Jepang menilai pergerakan udara dengan dihembuskan dari pekerja salon rambut saat berbicara. Mereka mensimulasikan sejumlah skenario ijmal, seperti pekerja berdiri & membungkuk di atas konsumen atau mencuci rambut konsumen yang sedang berbaring.

“Sejumlah besar kontak tatap membuang yang serupa akan berlaku tidak hanya dalam tata rias tetapi juga di dalam jangka panjang dan perawatan medis, ” kata penulis studi Keiko Ishii, daripada departemen teknik mesin pada Universitas Aoyama Gakuin dalam Tokyo.

Baca Juga: Wali Kota Rizal Effendi Meminta Pihak RT Menyedihkan Covid-19 Pasang Portal

“Kami menganalisis karakteristik difusi pernafasan dengan dan minus masker saat seseorang jadi, duduk, menghadap ke bawah, atau berbaring telungkup, ” jelas Ishii dalam terbit berita jurnal.

Para pengkaji menemukan bahwa udara dengan dihembuskan dari pekerja salon rambut yang sedang berbahasa cenderung bergerak ke kolong karena gravitasi. Hal tersebut berarti bahwa pelanggan pada bawah pekerja yang berbahasa dapat berisiko terinfeksi.

Ketika pekerja yang berbicara memasang masker sambil berdiri ataupun duduk, awan aerosol cenderung menempel pada tubuh juru bicara, yang lebih hangat daripada udara di sekitarnya dan mengalir ke atas dalam sepanjang tubuh.

Ilustrasi salon. (Unsplash/Aw Creative)
Ilustrasi salon. (Unsplash/Aw Creative)

Eksperimen dengan koalisi masker dan face shield menunjukkn bahwa mereka sanggup keduanya bisa mencegah aerosol yang bocor dari kira-kira masker pekerja ke konsumen.

“Pelindung wajah mendukung naiknya nafas yang dihembuskan, ” kata Ishii.

Baca Juga: Meski Kebanyakan Tak Parah, Waspadai 3 Fakta Klasik Covid-19 Ini dalam Anak

“Oleh sebab itu, lebih efektif menggunakan masker dan pelindung wajah saat memberikan layanan kepada pelanggan, ” imbuhnya.