75314-mikroplastik

Manfaatkan Bakteri, Ilmuwan Kini Bisa Mengatasi Mikroplastik di Lautan

Suara. com – Ahli mikrobiologi sudah menemukan cara untuk menghilangkan mikroplastik pencemar lingkungan, yaitu dengan memanfaatkan bakteri buat melakukan tugas tersebut.

Kuman secara alami cenderung bergabung dan menempel pada bidang, dan ini menciptakan zat perekat yang disebut biofilm. Dalam kasus sehari-hari, meneladan kasusnya adalah saat kira menyikat gigi untuk menghilangkan plak,

Para peneliti dari Hong Kong Polytechnic University (PolyU) mau menggunakan properti bakteri lengket ini untuk dijadikan jaring mikroba mirip selotip yang dapat menangkap mikroplastik di dalam air yang tercemar.

Nantinya, dilansir The Guardian , mikroplastik ini akan membentuk gumpalan yang mudah dibuang dan didaur ulang.

Baca Juga: Sok Kritis Nemu Plastik di Perut Cumi, Jemaah Yakin Pria ini Bolos Biologi

Meski masih berupa pendahuluan, peneliti yakin temuan baru ini mampu membuka jalan untuk menurunkan tingkat polusi plastik dengan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Ilustrasi bakteri (Shutterstock)

“Sangat penting untuk menggelar solusi efektif yang menjebak, mengumpulkan, dan bahkan mendaur ulang mikroplastik ini buat menghentikan ‘plastifikasi’ lingkungan alami kita, ” kata pengkaji utama proyek Sylvia Lang Liu, peneliti mikrobiologi pada PolyU.

Mikroplastik adalah pecahan plastik, biasanya lebih mungil dari 5 mm, yang secara tidak sengaja copot ke lingkungan selama produksi dan kerusakan. Misalnya sejak produksi plastik atau selama aktivitas sehari-hari, seperti membersihkan pakaian sintetis.

Meski kecil, mikroplastik bisa menimbulkan risiko yang betul besar terhadap lingkungan. Objek ini tidak mudah tergerai secara hayati, sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu lama dan juga menggunakan serta mengakumulasi bahan kimia beracun.

Bahan kecil itu juga membahayakan kesehatan manusia apabila seseorang mengonsumsi hewan laut yang sudah terpapar mikroplastik.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Cantik, Wanita Ini Justru Tewas saat Jalani Operasi Plastik

Tim Liu merekayasa biofilm dari bakteri Pseudomonas aeruginosa, yang mampu membekukan dan menangkap mikroplastik di dalam air tercemar. Jaring mikroba ini akan menjebak serta mengelompokkan mikroplastik dan membuatnya tenggelam ke dasar air.