22017-ilustrasi-virus-corona-covid-19

Lihai Sebut Varian Lambda Punya Satu Mutasi Tak Natural, Begini Penjelasannya

Suara. com – Virus corona varian Lambda prima kali terdeteksi di Peru, tepatnya sekitar setahun yang lalu. Virus corona varian Lambda ini pun pusat menimbulkan kekhawatiran, setelah varian Delta.

Para ilmuwan mengatakan varian Lambda memiliki mutasi yang berpotensi menjadi resisten terhadap vaksin Covid-19.

Organisasi Kesehatan Negeri (WHO), mengatakan mutasi varian Lambda ini bisa menyusun transmisibilitasnya atau mungkin memajukan ketahanan virus terhadap antibodi penetral.

Sebelumnya, WHO membicarakan varian Lambda atau C. 37 ini sebagai varian minat atau variant of interest (VOI).

Baca Juga: Kasus Covid-19 Mengganas, Siti Fadilah Curiga Pergantian Virus Corona Tak Alamiah

Tetapi, Jairo Mendez-Rico, ahli virus WHO mengucapkan sejauh ini tidak tahu ada indikasi bahwa varian Lambda lebih agresif.

“Ada kemungkinan bahwa varian Lambda ini menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi, akan tetapi kami belum memiliki pas data yang bisa diandalkan untuk membandingkannya dengan varian Gamma dan varian Delta, ” kata Jairo Mendez-Rico dikutip dari Fox News.

Jairo Mendez-Rico mengatakan bahwa SARS-CoV-2 yang menyebabkan virus corona Covid-19 akan terus berevolusi. Hal ini yang jadi membuat varian virus corona lebih menular, tetapi tidak mematikan.

Ilustrasi Virus Corona, varian virus corona, varian lambda (Unsplash/CDC)

Jeff Barrett, eksekutif Inisiatif Genomics Covid-19 dalam Wellcome Sanger Institute di Inggris, mengatakan alasan varian Lamda ini harus diwaspadai.

Berdasarkan data komputasi & laboratorium miliknya, Jeff Barrett mengatakan varian Lambda itu memiliki satu set pergantian yang tidak biasa bila dibandingkan dengan varian lainnya.

Mengaji Juga: Virus Corona Varian Delta Mengatasi 15 Persen Kasus Covid-19 Indonesia

Saat itu, vaksin Covid-19 yang telah tersedia di beberapa negeri nampaknya masih memberikan perlindungan kuat terhadap varian Delta yang lebih menular, tapi belum tahu dengan varian Lambda.