83785-ilustrasi-tabung-oksigen

LaporCovid Duga Ada Monopoli Kanal Oksigen, Minta RS Bertambah Terbuka

Suara. com – Langkanya ketersediaan oksigen menjadi isu yang sering diperbincangkan sejak lonjakan urusan Covid-19 terjadi selama beberapa minggu terakhir.

Organisasi LaporCovid-19 menduga, ada  monopoli kanal oksigen untuk rumah melempem.

“Kami sebetulnya ingin mendorong rumah melempem yang ada di Indonesia terutama epicentrum covid, Jawa, Bali, dan pulau-pulau yang lain, untuk berani mengungkapkan bila terjadi kelangkaan oksigen kepada publik. Atau kalau curiga bisa melalui LBH, ” kata  koordinator LaporCovid-19 Irma Hidayana dalam konferensi pers daring, Minggu (25/7/2021).

LaporCovid-19 mencatat, kelangkaan stok oksigen kemungkinan sudah terjadi sejak pertengahan Juni.

Baca Juga: Jokowi: Kemungkinan Negeri Akan Menghadapi Varian COVID-19 Lain yang Lebih Menular

“Jangankan tabung oksigen, oxycan yang tabung kecil pun sudah susah didapatkan, kejadiannya sekitar pertengahan hingga akhir Juni 2021, ” kata 

Kondisi itu tersibak saat para relawan LaporCovid-19 akan membantu pasien memeriksa rumah sakit rujukan Covid-19.

Namun kebanyakan pasien masa itu mencari RS secara kondisi sudah sesak nafas sehingga membutuhkan oksigen.  

Akan tetapi, meski mendapatkan tempat terbaring di rumah sakit, Irma bercerita, pasien yang mutakhir masuk saat itu kehabisan stok oksigen.

“Ketika saya bawa ke salah mulia rumah sakit umum tengah di Jakarta, ketika saya ngobrol dengan petugas memberikan bahwa oksigen sudah amblas. ”

Baca Juga: Ibunda Pemeran Ikatan Mabuk Meninggal Usai Berjuang Melawan Covid-19

“Tapi ketika koordinasi dengan dinas memang oksigen masih ada, tetapi persediaan hanya cukup untuk melayani pasien yang zaman ini sudah ada di rumah sakit. Sehingga buat menampung pasien baru pelik untuk menampung oksigen, ” cerita Irma.