78179-ilustrasi-lansia-shutterstock

Lansia Dapat Vaksinasi, Kasus COVID-19 Meningkat di Populasi Masa

Pandangan. com – Tingginya persentase kelompok lanjut usia (lansia) di Amerika Serikat yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 mengubah peta penyebaran penyakit.

Amerika Serikat melaporkan adanya peningkatan kasus baru had 10 persen 26 negara bagian, termasuk Washington DC dan Puerto Rico pekan lalu.

DIlansir ABC News, peningkatan terbesar terjadi pada kelompok usia 50-65, dibandingkan dengan leler 65 tahun ke pada yang rata-rata sudah mendapatkan vaksinasi.

Selain itu, beberapa negara bagian seperti Michigan dan Massachusetts juga melaporkan kenaikan penularan pada kaum remaja dan anak-anak.

Baca Juga: Satpam SMPN 11 Tangsel Wafat Sudah Vaksinasi, Ini Klarifikasi Bagian Sekolah

Di saat bersamaan, terjadi penurunan kasus COVID-19 sebesar 96 tip di panti werda serta rumah jompo, sejak vaksinasi dimulai bulan Desember morat-marit.

Kepala petugas medis di Michigan Dr. Nick Gilpin, mengungkapkan, rata-rata pasien yang tertular COVID-19 berusia 46 tahun.

“Banyak dari itu yang melanggar peraturan, sesuai berkumpul bersama, pergi ke bar dan juga restoran, ” ungkapnya.

Lonjakan kasus yang menyusun ini dapat terus dicegah, jika mematuhi aturan buat memakai masker, hindari pertemuan, dan menghindari perjalanan dengan tidak penting. Hal ini tentu akan melancarkan jalan progam vaksinasi nanti.

“Saya tahu Anda semua ingin selesai, kita hampir datang, tapi belum benar-benar sempurna total, ” ungkap Eksekutif Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Rochelle Walensky.

Baca Juga: Vaksinasi Guru di Kabupaten Tangerang Sampai 80 Persen

Patuh asisten profesor laboratorium pada Universitas Northeastern Sam Scarpino, meningkatnya kasus COVID-19 pada kelompok remaja dan masa terjadi karena mengabaikan patokan jaga jarak di Massaschusetts.

“Meningkatnya jumlah kasus COVID-19 pada remaja dan masa muda, hal itu terjadi akibat mengabaikan aturan jaga jarak dan memakai kedok di Massachusetts, ” ungkapnya.