Klaster Covid-19 di Perkantoran Ancam Pelaku, Cegah dengan Buka Jendela

Klaster Covid-19 di Perkantoran Ancam Pelaku, Cegah dengan Buka Jendela

–>

Suara. com – Klaster hangat virus Corona Covid-19 yang memukul perkantoran membuat pekerja yang sudah kembali aktif terancam. Untuk itu, pakar mengatakan untuk tidak lupa membuka jendela. Kenapa?

Pakar epidemiologi sebab Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani mengatakan kantor berisiko menjadi tempat penularan karena rata-rata berupa tempat tertutup yang mengandalkan pendingin hawa.

Apalagi sejumlah peneliti telah menyampaikan data ke Organisasi Kesehatan Negeri (WHO) terkait dugaan bawah Covid-19 bisa menular melalui microdroplets yang melayang di udara.

Microdroplet bisa berdiam lebih lama di satu ruangan manakala sirkulasi udara di ruangan itu tidak berjalan dengan tertib.

“Penggunaan AC sebisa mungkin dikurangi, jendela dibuka, ” kata Laura, dilansir Anadolu Agency.

Perusahaan, lanjut dia, juga mesti berperan aktif mengawasi status pekerja dengan memetakan rekam jejak kesehatan dan potensi risiko setiap karyawan.

Selain itu, para pekerja harus disiplin menjaga protokol kesehatan walaupun merasa akrab dengan rekan kerja.

“Kalau bakal tetap beraktivitas dan roda perekonomian jalan, ya harus terapkan aturan kesehatan. Ini tidak bisa ditawar, ” tutur Laura.

Dia mengingatkan negeri, perusahaan, dan karyawan perlu bergerak sama mencegah maupun menangani klaster di perkantoran.

Pasalnya, klaster perkantoran mampu meluas ke lingkungan sosial dengan lain dari para pekerja kalau tidak ditangani dengan baik.