Keterlambatan Diagnosis Kanker Payudara pada Adam Bisa Berakibat Fatal

Keterlambatan Diagnosis Kanker Payudara pada Adam Bisa Berakibat Fatal

Suara. com – Kanker payudara biasanya dialami oleh para wanita serta jarang terjadi pada pria. Akan tetapi karena tidak sering dicurigai tersedia pada pria, diagnosis sering hidup setelah tumor mulai menyebar ke seluruh tubuh.

Di Amerika, penelitian terbaru menunjukkan kira-kira setengah dari adam dengan kanker payudara menerima analisis setelah kanker menyebar. Diagnosis yang terlambat dapat mematikan.

Sebab secara keseluruhan, kelangsungan hidup lima tahun dengan kanker payudara pria yang didiagnosis lebih awal hampir 99 persen, tetapi kemudian turun menjadi sekitar 26 persen untuk pria yang tumornya telah menyebar ke tempat “jauh” setelah diagnosis.

Dilansir dari Medical Xpress, dekat satu dari setiap 10 kejadian kanker payudara pria (8, tujuh persen) didiagnosis pada stadium tinggi, tim peneliti di Pusat Pengoperasian dan Pencegahan Penyakit (CDC) GANDAR menemukan.

Baca Selalu: Sering Diabaikan, Simak 4 Faktor Risiko Kanker Tetek

“Pria cenderung didiagnosis belakangan sebab mereka dan dokter perawatan pokok mereka tidak mencari kanker susu, ” jelas Dr. Alice Police, yang memimpin operasi payudara pada Northwell Health Cancer Institute dalam Sleepy Hollow, NY.

Sketsa pria. (Sumber: Shutterstock)

Studi baru pun membakar dokter perawatan primer untuk menanyai pria tentang benjolan payudara dan riwayat keluarga dengan kanker tetek.

Tetapi setelah penelitian, kanker payudara adam tetap jarang: Menurut CDC, kira-kira 2. 300 kasus, atau cuma 1 persen dari total tanggungan kanker payudara di Amerika Konsorsium, terjadi pada pria.

“Risiko meningkat seiring bertambahnya usia dan dibandingkan dengan perempuan, pria menerima diagnosis di kemudian hari dan seringkali pada tahap penyakit yang lebih lanjut, ” kata tim yang dipimpin oleh Taylor Ellington, dari Divisi Pencegahan dan Pengendalian Kanker CDC.

Ellington & rekannya menggunakan data kesehatan AS untuk melacak hasil untuk dekat 15. 000 pria yang didiagnosis dengan kanker payudara antara 2007 dan 2016.

Menangkap Juga: Terjaring Razia Masker, Respons Pria Tua Tersebut Buat Petugas Terdiam

Para pengkaji menemukan bahwa, jika diketahui bertambah awal, kanker ini sangat mampu disembuhkan, dengan hampir semua adam yang didiagnosis dengan tumor lokal bertahan hidup setidaknya selama lima tahun.