Keringkan Tangan Pakai Paper Towel, Bertambah Efektif Menghilangkan Virus

Keringkan Tangan Pakai Paper Towel, Bertambah Efektif Menghilangkan Virus

–>

Perkataan. com – Menjemur tangan usai mencucinya penting buat meminimalkan penyebaran mikroba berbahaya, tercatat virus corona baru atau Covid-19.

Pokok, kegagalan menghilangkannya meningkatkan transfer ke permukaan lingkungan serta meningkatkan peluang penularan dan penyebaran Covid-19.

Dilansir dari Medical Xpress, peneliti menemukan bahwa paper towel atau handuk kertas lebih efektif menghilangkan virus dan mikroba ketimbang jet dryer saat mengeringkan tangan.

Studi ini dilakukan oleh Dr. Ines Moura, Universitas Leeds, Inggris serta rekannya Duncan Ewin dan Profesor Mark Wilcox, dari University of Leeds dan Leeds Teaching Hospitals NHS Trust.

Dalam penelitian ini, penulis menyelidiki apakah ada perbedaan di tingkat penularan virus. Menurut gaya pengeringan tangan, di luar toilet/kamar kecil ke lingkungan rumah melempem.

4 sukarelawan mensimulasikan kontaminasi tangan/sarung tangan mereka menggunakan bacteriophage (virus dengan menginfeksi bakteri-dan karenanya tidak kritis bagi manusia).

ilustrasi mengeringkan tangan. (Shutterstock)

Tangan mereka tidak dicuci sesudah kontaminasi, ini adalah untuk mensimulasikan tangan yang tidak dicuci secara baik / tidak memadai. Lalu tangan dikeringkan menggunakan handuk kertas (PT) atau jet air dryer (JAD).

Pada setiap sukarelawan mengenakan celemek, untuk memungkinkan pengukuran kontaminasi tubuh/pakaian selama pengeringan tangan. Pengeringan tangan dilakukan di toilet umum rumah sakit serta setelah keluar, sampel dikumpulkan daripada area umum dan bangsal.

Sampel kawasan umum tersebut antara lain kesempatan (baik pintu push-and pull-type), pegangan tangan tangga, tombol lift, status di area publik dan auditorium, telepon, tombol pada interkom akses ke bangsal, hingga celemek muncul mereka sendiri, dan kursi.
Baca artikel menarik tentang Pengeluaran SGP