Kerap Tertukar, Ini Beda Lupa Normal dan Akibat Alzheimer

Kerap Tertukar, Ini Beda Lupa Normal dan Akibat Alzheimer

–>

Pandangan. com – Banyak diantara kita menganggap lupa adalah hal natural yang sering dialami banyak orang. Tapi hal itu tidak bisa dianggap remeh.

Lupa bisa jadi lengah satu gejala penyakit alzheimer dengan kini tidak hanya menyerang orang lanjut usia (lansia) tapi selalu kaum muda.

Mudah terkecoh, lalu bagaimana kita membedakan lupa biasa dengan ingat pada sakit alzheimer?

Ketua Studi Neurobehavior Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dr. Astuti, Sp. S(K) mengatakan pembedanya ada dalam apakah ingatan itu kembali atau hilang sepenuhnya.

Ilustrasi adam sedang lupa atau berusaha bersusah-susah mengingat sesuatu. (Shutterstock)

“Kalau lupa biasa sebab bertambahnya umur tapi waktu, tanda orang, dan lokasi itu bahan ingat lagi. Kalau pada alzheimer nggak bakal ingat sampai kapanpun, nggak ingat, ” ujar dr. Astuti dalam Webinar, Senin (14/9/2020).

Isyarat lain dari lupa karena alzheimer kejadiannya sering terjadi dan hampir setiap hari, bahkan dampaknya telah sangat mengganggu orang lain. Misalnya ia lupa meletakkan suatu jasad, tapi kemudian menyalahkan orang asing.

“Membuat sekitarnya tidak nyaman dan itu hampir terjadi setiap hari, tersebut kita mulai curiga, yakni lupa yang tidak normal, ” jelas dr. Astuti.

Lupa yang sering melanda bujang muda dan jika tidak ada penyakit lain, yaitu otak depan sebelah kanan yang merupakan tengah konsentrasi terganggu. Jika ia bugar namun sering lupa maka dia bukan mengalami alzheimer melainkan kekacauan atensi atau konsentrasi.

“Kalau pada bani muda tanpa penyakit lain, bagaikan infeksi otak epilepsi, pengembangan budi dan lain-lain, sehat itu biasanya lupa karena gangguan atensi, pikirannya kemana-mana nggak fokus, ” imbuh dr. Astuti.

Di otak kata dr. Astuti paling tidak ada 5 domain atensi atau pusat pemfokusan di sebelah kanan otak paling atas. Saat bagian itu terganggu maka semua kemampuan mengingat, memori dan kemampuan berkomunikasi juga mau terganggu.