shutterstock_181678946

Kanker Payudara Lebih Sering Menyebar ke Tulang, Mengapa?

Pandangan. com – Ada jutaan orang menjalani kanker payudara setiap tahun, tetapi tidak semua sebab kanker itu akan bermetastasis atau menyebar ke jaringan luar payudara.

Menurut besar program onkologi di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital, Illinois, Dean Tsarwhas, MD, kanker payudara umumnya merembet ke daerah tulang.

Faktanya, berdasarkan bahan 2017 yang terbit di ecancermedicalscience, sebanyak 70 komisi pasien kanker payudara periode 4 bermetastasis ke tangkas.

Apa artinya itu?

Baca Selalu: Awas, Cacat Vitamin D Tingkatkan Efek Kanker Payudara

Kanker payudara disebut bermetastasis masa kanker tersebut telah menjalar ke luar jaringan susu dan kelenjar getah terang di sekitarnya, melansir dibanding laman Health .

Ada beberapa ciri penyebabnya, yakni kanker kembali tumbuh setelah pengobatan dan kanker tidak merespon pengobatan atau tidak diobati di waktunya, memungkinkannya menyebar ke bagian tubuh lain.

Ilustrasi kanker susu. (Dok: Istimewa)

Dalam kasus kanker payudara bertastasis ke tulang artinya sel kanker sudah menempati bagian tulang anak obat, menyebabkan lesi yang menggantikan jaringan sehat dengan organ kanker.

“Kami tahu bahwa pada bercak tertentu kanker berhasil menjumpai jalannya ke aliran pembawaan dan kemudian melaluinya bisa sampai ke bagian awak lain, ” jelas ulung onkologi medis Nancy Garis, MD, di Dana-Farber Cancer Institute di Boston, Massachusetts.

Namun di luar kemungkinan penyebab metastasis itu, tak jelas mengapa sel kanker tertentu cenderung menyebar ke bagian tertentu di tubuh, seperti tulang.

Baca Pula: Cegah Kanker Payudara, Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Berikut

American Cancer Society (ACS) mengungkap bahwa setiap periode dari sistem kerangka mampu dipengaruhi oleh kanker dengan bermetastasis.

Tulang belakang adalah bagian yang paling ijmal mendapat metastasis kanker. Wilayah lainnya termasuk pinggul, terampil paha, lengan atas, terampil rusuk, dan tengkorak.