67444-presiden-jokowi

Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Ke-2: Tidak Terasa!

Bahana. com – Kepala Joko Widodo hari ini, Rabu (27/1/2021), mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua, setelah 14 hari lalu (13/1/2021) mendapat suntikan jumlah pertama. Menurutnya, tidak ada dengan berbeda antara penyuntikan vaksin Covid-19 yang kedua ini dengan yang pertama. Sama-sama tidak terasa katanya.

“Alhamdulillah baik, jadi setelah suntikan yang pertama di 13 Januari cerai-berai, 2 minggu lalu, hari itu saya mendapat suntikan yang ke-2, sama seperti yang dilakukan dua minggu lalu, tidak terasa, ” ujar Presiden Jokowi sudah disuntik vaksin Covid-19 di Istana Negeri.

Ia berkisah saat proses vaksinasi Covid-19 yang pertama, di lokasi bekas suntikan, tangannya terasa pegal, dan dia menduga efek yang sama mau ia rasakan pada suntikan ke-2 ini.

“Dulu setelah 2 jam (penyuntikan dosis pertama) hanya pegal-pegal. Saat ini saya kira juga sama sekadar, karena aktivitas saya masih ke mana-mana juga, ” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ngaku Pegal-pegal Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Kedua

Kurang waktu lalu, Ketua Pengurus Was-was Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI mengatakan rasa pegal setelah disuntik vaksin disebut sebagai hasil lokal.

Reaksi lokal adalah hal yang sangat umum dan wajar dirasakan orang setelah mendapat suntukkan vaksin. Selain rasa pegal, reaksi lokal juga bisa berupa nyeri, kemerahan, hingga bengkak pada area suntikan. Namun efek ini biasanya bakal hilang dalam beberapa jam.

Tidak cuma Jokowi, dalam proses vaksinasi Covid-19 kedua ini terlihat Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M. Faqih, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Penuh Idham Aziz, hingga artis Raffi Ahmad sebagai perwakilan anak muda yang ikut divaksinasi Covid-19.