89952-ilustrasi-covid-19

Jangan Abaikan Prokes, Dokter Ingatkan Kembali Pentingnya Gunakan Masker Medis

Suara. com – Penggunaan masker terbukti sangat efektif dalam menghalangi penularan virus Covid-19. Tetapi, Dokter Spesialis Penyakit Di, dr. Dirga Sakti Rambe mengungkap, hal tersebut berpegang pada jenis dan cara penggunaan masker.

Masker medis, khususnya masker bedah, kata dia terbukti masih memutar efektif, jika digunakan secara tepat. Untuk keseharian, kedok medis dapat dikombinasikan pula dengan masker kain.

“Virus ini bermutasi, kita juga harus kian pintar. Saya sarankan untuk masker, gunakan surgical mask (masker bedah), untuk sehari-hari bisa dikombinasikan. Di dalam masker bedah, di luarnya masker kain, ” terang dia dalam konferensi pers kampanye #TetapWaspada bersama SOS Personal Hygiene, Kamis (17/6/2021).

Bukan cuma itu, sinse yang juga seorang vaksinolog ini menyarankan untuk kita mengganti masker maksimal enam jam, atau ganti segera setelah masker sudah lepek atau kotor. Masker basah, kata dr. Dirga, bakal mengurangi efektifitasnya.

Baca Juga: Agar Terhindar dibanding Covid-19 di Tempat Kegiatan, Ini Tips yang Mampu Dilakukan

Menurutnya pengertian mengenai masker penting untuk terus disampaikan pada masyakarat, yang saat ini tiba melonggarkan protokol kesehatan 5M, mulai dari Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Langkah, Menghindari Kerumunan, dan Menekan Mobilitas.

Meski saat tersebut pemerintah terus menggencarkan percepatan program vaksinasi nasional sebagai upaya melindungi masyarakat, dr. Dirga mengatakan jika kita tidak boleh hanya mengandalkan satu proteksi kesehatan saja. Perlindungan dari luar secara penerapan protokol kesehatan pula penting untuk terus digalakkan.

“Saat ini, persentase penduduk Indonesia yang telah divaksin 1 kali sebesar 11 persen, dan vaksinasi lengkap sebesar 6, 3 tip Angka tersebut masih terhormat kecil dari total populasi Indonesia saat ini. Apalagi, saat ini kita dihadapkan pada ancaman berupa pergantian virus baru yang mulai ditemukan di tanah air, ” tutup dia.