Iwa K Sering Begadang, Dokter Ingatkan Pentingnya Tidur di Malam Hari

Iwa K Sering Begadang, Dokter Ingatkan Pentingnya Tidur di Malam Hari

–>

Pandangan. com – Sebagai musisi sekaligus rapper, begadang bagi Iwa K sudah menjadi kebiasaanya saat menciptakan lagu dan membongkar-bongkar inspirasi.

Menurutnya hal itu dilakukan, sebab antara jam 2 hingga 3 ia mendapat inspirasi, tenang, serta suasananya yang mendukung.

“Memang begadang itu satu diantara kebiasaan kalau menulis musik, emang lebih leluasa kalau udah malam, dari jam 10 sampai tanda 2 sampai jam 3 pagi, ” ujar Iwa K masa berdiskusi LIVE IG dengan RS Eka Hospital, Selasa (11/8/2020).

Iwa K sadar kebiasaannya saat bekerja menciptakan musik ini tidak baik buat kesehatan tubuhnya. Mengingat waktu utama untuk istirahat tetap di malam hari jam 10 malam tenggat jam 5 pagi.

Tapi menurut pelantun ‘Bebas’ itu ia tetap menggantinya tidur di pagi atau siang hari agar kebutuhan istirahatnya tercukupi 8 jam sehari. Ternyata tindakan yang dilakukan Iwa K dibenarkan oleh dokter spesialis penyakit dalam.

“Sekali-sekali kita bekerja harus bergadang di malam hari, kejar deadline. Benar kata Mas Iwa harus diganti dikompensasi di pagi atau pada siang hari supaya tetap sehat, ” timpal dr. Maulana Suryamin, Sp. PD – KGEH
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroentero Hepatologi Eka Hospital Bekasi.

Meski tetap saja menurut dr. Maulana yang terbaik adalah tidur di malam hari, karena di zaman itu siklus tidur ada dengan dinamakan irama sirkadian. Dimana waktu-waktu tertentu hormon bekerja merawat bagian tubuh.

“Menurut penelitian organ-organ kita ini sebaiknya diistirahtakan malam hari sehubungan secara hormon-hormon tubuh manusia, ” imbuhnya.

Tengah itu dibanding anak-anak yang butuh untuk tidur selama 8 hingga 10 jam. Maka waktu jeda orang dewasa cukup 5 mematok 6 jam, dengan kategori terbaring yang pulas atau deep sleep.