o_1978repvf1pot13a7shr9g92tma

Itu Olahraga yang Disarankan buat Pasien Penyakit Jantung

Suara. com – Olahraga memang terkenal baik buat kesehatan, namun untuk anak obat sakit jantung, olahraga kudu dilakukan dengan hati-hati.

Penderita dengan sakit jantung disarankan tidak berolahraga dengan intensitas tinggi atau HIIT sebab akan semakin membebani kemampuan jantung. Termasuk juga olahraga yang menguras tenaga secara tiba-tiba sebaiknya juga tidak dilakukan.

“Ini karena jantung akan memerlukan oksigen lebih banyak buat menyokong aktivitas tersebut, ” ujar Spesialis Jantung serta Pembuluh Darah Primaya Hospital Bekasi Barat, dr. Fachmi Ahmad M. Sp. JP dalam acara diskusi, Rabu (29/9/2021).

Selain itu, gerak jenis ini juga memajukan risiko dehidrasi, dan mau berbahaya karena akan memproduksi darah mengental dan perputaran darah terganggu. Akibatnya, sanggup terjadi serangan jantung.

Baca Selalu: Bukan Hanya untuk Olahraga, Jersey NBA Juga Keren Dipakai Sehari-hari Lho!

“Lakukan pekerjaan fisik yang tepat serta dapat membuat detak dalaman meningkat baik untuk menjaga jantung sehat, ” tutur dr. Fachmi.

Ia kemudian menyarankan beberapa olahraga ulung untuk pasien jantung. Antara lain adalah berupa aerobik, kaya joging, berenang, jalan lekas, dan bersepeda.

“Lakukan kesibukan sederhana seperti memilih memakai tangga di kantor ketimbang lift atau gemar menari mengikuti irama lagu kesukaan berguna demi kesehatan dalaman, ” sambung dr. Fachmi.

Lakukan olahraga tersebut rata-rata 40 menit sehari selama tiga atau empat kali dalam kepala pekan.

Selain itu perlu berhati-hati juga pada kegiatan fisik yang membutuhkan total tenaga yang sangat penuh, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

Baca Serupa: Biar Nggak Salah Kaprah, 3 Mitos Keliru tentang Kolesterol Ini Wajib Diketahui

“Misalnya naik tangga di gedung berlantai tinggi, mengangkat tanggung terlalu berat, dan beraktivitas seksual, ” ungap dr. Fachmi.

Selain itu, kehidupan yang membuat tekanan pembawaan naik secara mendadak selalu dapat menyebabkan serangan dalaman.

“Misalnya membanting sesuatu sebab marah, ” pungkasnya.