bumil-e1397639513140

Ini 2 Jenis Kelainan Janin Sejak di Kandungan, Bisa Diperbaiki?

Suara. com berantakan Metode pemeriksaan fetomaternal bisa mendeteksi adanya kelainan genetik pada budak atau pada kondisi pokok saat mengandung buah besar.

Sehingga risiko kecacatan pada bayi bisa dikurangi sejak anak masih berada di dalam kandungan, dengan catatan bahan ibu harus menceritakan tambo kesehatan dan kehamilan kepada dokter.

“Informasi tersebut sangat penting sebab penanganan dan pengobatan bisa dilakukan secara tepat. Jangan sembunyikan hal-hal tersebut karena dapat berakibat fatal, ” ujar Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Dr. dr. Wiku Andonotopo, SpOG(K)FM, Ph. D., FMFM dalam keterangannya, Rabu (10/10/2021).

Berikut beberapa jenis kelainan pada lembaga yang harus diwaspadai sejak di dalam kandungan.

Baca Juga: Ibu Berisi Pecandu Alkohol, Dampak Buruk ke Anak Bertahan Tenggat Dewasa

1. Kelainan kongenital mayor

Ini adalah keanehan bawaan yang tidak sanggup dikoreksi, yang menyebabkan bayi tidak bisa beradaptasi terhadap kehidupan normal.

Contohnya semacam: bayi yang tidak mempunyai tulang kepala, bayi tanpa buah, bayi dengan jantung berburai, atau terjadi penyumbatan pada otak yang menyebabkan hydrocephalus.

2. Kelainan congenital minor

Sejenis kelainan yang tak membutuhkan koreksi operatif apapun, juga kelainan yang masih bisa dikoreksi dengan tindakan operatif, dimana bayi sedang dapat beradaptasi dengan kesibukan normal.

Baca Juga: Pandemi Pengaruhi Ibu Berisi dan Bayi, Terutama di dalam Sistem Kekebalan

Misalnya antara lain: tangan dan tulang kaki bayi bengkok yang dapat dikoreksi dengan ortopedik, dan lain-lain.