27827-ilustrasi-ibu-dan-anak-unsplashatomarlopez1

Ibu Harus Tahu, Ini Laba Mendapatkan Vaksinasi Covid-19 Zaman Masih Menyusui

Suara. com – Sejak pembukaan tahun, pemerintah tengah mengisbatkan program vaksinasi Covid-19 buat menekan angka infeksi sebab penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru tersebut.

Dan kini, kelompok vaksinasi telah sangat luas tercatat lansia, anak usia 12-18 tahun, ibu hamil mengikuti ibu menyusui. Pertanyaannya, apakah vaksinasi Covid-19 aman untuk ibu menyusui?

Dijelaskan Dr Caessar Pronocitro Sp. A, M. Sc, ibu menyusui sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 karena antibodi yang dibuat oleh ibu sebagai respon terhadap vaksin, bisa ditransfer ke tubuh bayi mencuaikan ASI yang diminum si buah hati.

Dengan begitu, diharapkan anak akan mendapat manfaat dan kekebalan yang serupa di masa pandemi seperti sekarang.

Baca Juga: Gejala Covid pada Pokok Hamil dari Ringan, Cukup hingga Berat

American Journal of Obstetrics and Gynecology (AJOG) sudah mempublikasikan penelitian yang mengatakan kalau imunisasi Covid-19 ini tidak hanya aman untuk ibu menyusui, namun juga mempunyai manfaat untuk bayinya sebab antibodi yang diproduksi oleh tubuh ibu sebagai respon imun terhadap vaksin terlihat juga pada ASI dengan diminum bayi. ”

Berbahasa dalam agenda DigiFest Pekan ASI Sedunia bersama masyarakat @Ibu2Canggih beberapa waktu semrawut, Dr Caessar juga menyebut bagaimana semua merk vaksin yang tersedia saat tersebut aman untuk ibu menyusui, tanpa spesifikasi khusus.

Berdasarkan penelitian, lanjutnya, ibu dengan masih menyusui bayi dan anaknya dapat tetap menerima vaksinasi Covid-19, baik secara merk Sinovac, Sinopharm, Pfizer, Astra-Zeneca, Moderna, maupun Johnson and Johnson.

Komunitas virtual @Ibu2Canggih sendiri merupakan komunitas berisi ribuan ibu dari seluruh Nusantara dan dapat menjadi medium bagi Ibu untuk menumpahkan isi hati sekaligus membongkar-bongkar solusi berdasarkan pengalaman serta rekomendasi ibu-ibu lainnya.

“Untuk bergabung dalam Komunitas Ibu Canggih, Ibu dapat mengunjungi akun Instagram kami dalam @Ibu2Canggih, kemudian klik link di bio, ” perkataan ketua Komunitas Ibu Canggih @Ibu2Canggih, Amaranggana.

Baca Juga: Hanya Minum ASI Selama 6 Bulan Mula-mula Kehidupan, Benarkah Nutrisi Budak Tercukupi?