93940-ilustrasi-sakit-batuk-pexelsandrea-picquadio

Hidung Mampet Jadi Gejala Covid-19 Varian Baru, Simak Cara Mengatasi di Rumah

Suara.com – Hidung mampet mirip pilek kini telah dilaporkan menjadi salah satu gejala yang cukup umum pada pasien Covid-19. Menurut laporan dari penelitian daro Zoe Covid Symptom Study dari Inggris, kebanyakan pasien Covid-19 dengan varian baru mengalami gejala mirip pilek. 

“Kami telah melihat sejumlah orang dengan gejala seperti pilek,” kata Dr. Robert Hopkins Jr., seorang internis di Universitas Arkansas untuk ilmu kedokteran di Little Rock seperti yang dikuti dari NBC News.

Melansir dari NBC News, sementara sesak napas dan masalah paru-paru lainnya tetap berada di antara gejala Covid-19 yang paling mengkhawatirkan, namun muncul keluhan pernapasan atas yang ditandai dengan mampetnya hidung, pilek, dan sakit kepala yang mungkin meningkat.

Lalu bagaimana meredakan hidung mampet akibat Covid-19?

Baca Juga: Waspada Mafia Oksigen Saat Kebutuhan Naik Selama Pandemi Covid-19, Polisi Diminta Tegas

Melansir dari Health, mengobati hidung tersumbat akibat Covid-19 mirip dengan mengobati hidung tersumbat akibat penyakit apapun selama Anda tidak mengalami gejala parah seperti sesak napas atau nyeri dada. 

Jika gejala Anda ringan, Anda dapat mencoba beberapa teknik berbeda yang membantu meredakan tekanan sinus dari hidung tersumbat, seperti uap dari pelembab udara, irigasi hidung melalui neti pot, semprotan hidung, atau sedikit dekongestan (meskipun itu harus digunakan dengan hemat dan atas rekomendasi dokter). 

Flu, pilek (Unsplash)
Flu, pilek (Unsplash)

Berikut rincian perawatan hidung mampet menurut WebMd, antara lain:

1. Bernapaslah di atas uap

Uap mengencerkan lendir dan menenangkan saluran hidung yang teriritasi. Dalam hal ini, Anda bisa mengisi mangkuk dengan air panas (tapi tidak mendidih) dan bernapas di atasnya. Letakkan handuk di atas kepala Anda untuk menampung uap. 

Baca Juga: Mensos Risma Gelar Doa Bersama Secara Virtual, Berharap Pandemi Segera Berakhir

2. Minum banyak cairan

Minum banyak air bukanlah ide yang buruk ketika Anda merasa tidak enak badan karena akan membuat Anda tetap terhidrasi. Namun tidak ada banyak bukti ilmiah bahwa cairan memiliki efek nyata pada pilek dan hidung tersumbat. 

Anda juga bisa minum jus buah atau sayuran, yang membawa manfaat kesehatan tersendiri, tapi hati-hati jangan sampai konsumsi gula melonjak. Teh herbal panas akan berkontribusi pada asupan cairan Anda dan memberikan banyak uap untuk membersihkan sinus Anda.

3. Siram saluran hidung

Anda bisa menyiram hidung dengan neti pot atau irigasi hidung akan menyiram hidung. Anda dapat membeli semprotan garam dan gunakan beberapa kali sehari untuk membantu membersihkan hidung tersumbat dan menjaga saluran hidung tetap lembab. 

4. Tinggikan kepala sebelum tidur

Jika hidung tersumbat membuat Anda tidak bisa tidur, Anda bisa menyelipkan bantal tambahan di bawah kepala. Mampetnya hidung sering memburuk saat Anda berbaring. Oleh karena itu, menjaga kepala Anda tetap tinggi dapat membantu mengurangi masalah pernapasan.

5. Letakkan Humidifier di Kamar Anda

Udara kering dapat mengiritasi saluran hidung. Oleh karena itu, menggunakan humidifier dapat mengembalikan kelembapan udara dan dapat membantu Anda bernapas lebih mudah.