Dominasi Gula Darah hingga Kesehatan Menduri, Simak 5 Manfaat Susu Rapat

Bahana. com – Mengontrol kadar gula darah, menjaga mengandung badan sehat, hingga tidur yang nyenyak adalah beberapa aspek istimewa untuk kesehatan. Berbagai aspek tersebut nyatanya bisa dicapai dengan rutin mengonsumsi susu hangat, utamanya dengan disajikan tanpa gula.

Susu sendiri mengandung kalsium tinggi dan kaya mau nutrisi. Melansir dari Healthshoots , berikut beberapa kebaikan konsumsi susu hangat menurut pandai gizi dari Apollo Telehealth, Tabib Deepika Rani:

1. Membantu Kontrol Gula Darah

Menurut Dr. Rani menelan satu cangkir susu tanpa pemanis sebelum tidur merupakan cara yang tepat untuk mengatur kadar gula darah. Rutinitas tersebut cukup besar terutama bagi penderita diabetes jenis 1 dan orang yang sensitif terhadap fluktuasi gula darah.

Baca Juga: Studi: Menghindari Pemberian Susu Metode Turunkan Risiko Asma pada Bayi

Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]
Seorang perempuan menelan susu. [shutterstock]

2. Membangun Tidur Nyenyak

Susu hangat menolong menenangkan pikiran dan tubuh. “Segelas susu hangat yang dikonsumsi pra tidur membantu mendorong dan memajukan kualitas tidur. Itu karena adanya zat yang disebut triptofan, ” kaya Dr. Rani.

“Susu hangat pula meningkatkan pencernaan dan kekebalan”, imbuhnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi susu hangat sebelum tidur bisa memajukan rasa kenyang. “Ini jelas menghentikan keinginan ngemil sehingga cenderung menyandarkan berat badan, ” ujar Dr. Rani.

Baca Pula: Apakah ASI Bisa Sebabkan Alergi Pada Anak?

4. Menyehatkan Tulang