Dokter Sebut Sit Up Bukan Jalan Terbaik untuk Kecilkan Perut, Kenapa?

Dokter Sebut Sit Up Bukan Jalan Terbaik untuk Kecilkan Perut, Kenapa?

Suara. com semrawut Olahraga sit up seringkali dilakukan banyak orang dengan tujuan menghilangkan perut buncit. Real menurut dokter, sit up ternyata tidak sepenuhnya efektif.

Dokter spesialis olahraga dr. Andhika Raspati Sp. KO., menjelaskan bahwa olahraga kardio dengan intensitas tinggi justru lebih efektif untuk mengatasi perut buncit.

“Kalau lakukan sit up yang dikerjakan ototnya bukan lemaknya. Jadi sebenarnya kalau suka kurangi lemak visceral itu gak harus dengan sit up akan tetapi kejar kardio high intensity, ” kata dokter Andhika dalam webinar ‘Myth dan Fact about Nutrition and Sport’, Minggu (22/11/2020).

Lemak visceral merupakan lemak yang terdapat di dalam area perut. Dokter Andhika menjelaskan, lemak visceral memang lebih banyak menumpuk di sekitar organ pencernaan. Hal itu yang menyebabkan perut buncit.

Baca Selalu: Bukan karena Lemak, Ketahui 4 Jenis Perut Gembung dan Penyebabnya!

“Lemak visceral harus waspadai karena secara risiko kesehatan, dia lebih berhubungan dengan bermacam-macam penyakit seperti diabet, jantung, ” tambahnya.

Oleh sebab itu untuk menekan kadar lemak visceral, dokter Andhika menyarankan lakuka olahraga kardio dengan intensitas tinggi.

Namun, ia menegaskan, gerak intensitas tinggi bukan berarti kudu dengan gerakan fisik cepat sepanjang latihan.

“Gak sepanjang latihan harus ngos-ngosan tetap. Mislanya 30 detik sprint diikuti 3 menit lari santai. Belakang sprint lagi 30 detik teruk lari santai, jadi ganti-ganti. Tersebut high intensity. Ternyata latihan seolah-olah itu efektif sekali untuk kurangi lemak di perut, ” tuturnya.

Tatkala sit up lebih tepat untuk penguatan otot perut, lanjutnya. Jadi pembakaran lemak tidak optimal.

Baca Juga: Lupakan Diet Menyiksa, Simak 7 Tips Fashion Menyembunyikan Perut Busung