Cegah Kalut, Ini 7 Cara Jaga Pikiran Tetap Tenang di Era Pandemi

–>

Suara. com – Cegah Semrawut, Ini 7 Cara Jaga Pikiran Tetap Tenang di Saat Pandemi

Pandemi virus Corona Covid-19 berisiko membuat pikiran terganggu dan tak tenang. Jika dibiarkan, pikiran tidak tenang bisa berubah menjadi rasa cemas dan kalut, yang memiliki efek buruk bagi kesehatan jiwa.

Peristiwa ini dirasakan pula oleh psikiater dari RS Omni Alam Sutera, dr Andri, Sp. KJ, FACLP. Dikatakannya saat pandemi, semua aspek kehidupan terpengaruh dan orang tidak bisa menjalankan rutinitas hariannya.

“Perubahan hidup yang tiba-tiba ini dapat membuat orang yang mengalaminya kesulitan beradaptasi dan terganggu kesehatan jiwanya, ” kata dr Andri, dalam keterangannya kepada wartawan.

Ia mengatakan sebagian orang mungkin bisa melewatinya dengan elok setelah beberapa saat. Namun itu tidak berlaku untuk semua karakter.

Buat itu, ia pun membagikan tips menjaga pikiran tetap tenang pada saat pandemi yang bisa Kamu coba. Apa saja?

1. Bahas tentang kekhawatiran kita

Ingatlah bahwa ini adalah waktu yang sulit untuk semua orang dan berbagi perasaan kita dan hal-hal yang kita lakukan untuk mengatasinya dapat membantu banyak orang juga.

Anda bisa melakukannya dengan panggilan video call pada teman dan keluarga dapat membantu mengalahkan perasaan terisolasi.

5 Tips Video Call Nyaman Saat Work From Home
ilustrasi video call. (Shutterstock)

2. Bantu & dukung orang lain

Pikirkan bagaimana kita bisa membantu orang-orang dalam sekitar kita. Hal ini mampu membuat perbedaan besar bagi mereka yang kita bantu dan bisa membuat kita merasa lebih cara juga.

Donasi dan pemberian Alat Pelestarian Diri (APD) ke tenaga kesehatan salah satunya.

3. Kelola asupan media dan informasi

Berita 24 jam dan pembaruan di media sosial yang konstan dapat menghasilkan kita lebih khawatir.

Mungkin akan sangat positif untuk hanya memeriksa berita pada waktu yang ditentukan dalam masa yang singkat (tidak lebih dibanding sejam) atau membatasi diri kita untuk tidak memeriksa berita itu secara online.

Ilustrasi belajar di rumah / kursus online (pixabay)
Ilustrasi melancarkan di rumah / kursus online (pixabay)

4. Lakukan hal-hal yang kita sukai

Jika kita tidak mampu melakukan hal-hal yang biasanya kita nikmati karena kita tinggal di rumah, cobalah untuk memikirkan bagaimana kita dapat menyesuaikannya, atau membuktikan sesuatu yang baru. Ada penuh tutorial dan kursus online gratis.

Hal-hal ini juga bisa membuat picik tetap aktif. Baca, tulis, mainkan game, lakukan teka-teki silang, sudoku, membuat puzzle atau menggambar serta melukis. Temukan sesuatu yang pantas untuk dengan minat kita.

5. Luangkan waktu untuk rileks dan fokus pada masa kini

Cara relaksasi dapat membantu beberapa karakter menghadapi perasaan cemas. Kita juga bisa melakukan meditasi atau pelajaran pernapasan. Video-video mengenai hal itu bisa didapatkan di berbagai jalan. Terapkan yang paling cocok buat kita.

Lihat selanjutnya Keluaran HK